Kompas.com - 09/03/2021, 08:53 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah ditutup melemah pada sesi perdagangan Senin (8/3/2021) waktu setempat, (Selasa pagi WIB).

Dilansir dari Bloomberg, harga minyak mentah acuan Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman April turun 1,04 dollar AS atau 1,6 persen menjadi 65,05 dollar AS per barrel di di New York Mercantile Exchange.

Pelemahan juga terjadi untuk harga minyak mentah acuan global, Brent, untuk pengiriman Mei turun 1,12 dollar AS atau 1,6 persen menjadi 68,24 dollar AS per barrel di London ICE Futures Exchange.

Baca juga: Ini Harga BBM Shell dan Pertamina Terbaru

Penyerangan fasilitas tangki minyak milik Saudi Aramco sempat mendongkrak harga minyak mentah Brent menembus level 70 dollar AS per barrel, level tertinggi sejak 14 bulan terakhir.

Meskipun Kementerian Energi Arab Saudi memastikan, serangan yang dilakukan Pasukan Houthi Yaman itu tidak merusak fasilitas kilang, namun serangan itu sempat membuat harga minyak bergerak liar.

Serangan itu menjadi yang paling serius sejak fasilitas utama dan dua ladang minyak diserang pada September 2019.

Ras Tanura adalah terminal minyak terbesar di dunia. Dari terminal itu, Arab mampu mengekspor sekitar 6,5 juta barrel per hari atau hampir 7 persen dari permintaan minyak dunia.

Baca juga: Fasilitas Saudi Aramco Dirudal, Harga Minyak Mentah Tembus Level 70 Dollar AS



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X