Kompas.com - 17/03/2021, 14:12 WIB
Pekerja mengangkut beras impor dari Thailand di gudang Bulog Divre Jatim, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (26/2). Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin impor beras sebanyak 500.000 ton  kepada Perum Bulog dengan tujuan untuk menstabilkan harga. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/18 ANTARA FOTO/Umarul FaruqPekerja mengangkut beras impor dari Thailand di gudang Bulog Divre Jatim, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (26/2). Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin impor beras sebanyak 500.000 ton kepada Perum Bulog dengan tujuan untuk menstabilkan harga. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/18


JAKARTA, KOMPAS.com – Polemik rencana impor beras 1 juta ton di tahun 2021 ini ramai diperbincangkan. Tak sedikit pula yang menyimpan pertanyaan, Indonesia impor beras dari negara mana.

Kebijakan membuka impor beras selalu berulang dari tahun ke tahun dengan jumlah fluktuatif. Negara asal beras impor juga berbeda-beda.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sejak tahun 2000 hingga 2019, Indonesia tercatat impor beras dari Vietnam, Thailand, China, India, Pakistan, Amerika Serikat, Taiwan, Myanmar, hingga Singapura.

Dari negara-negara tersebut, impor beras Indonesia terbesar berasal dari negara Vietnam dan Thailand. Praktis, dari tahun ke tahun, beras impor asal Vietnam dan Thailand yang paling banyak membanjiri pasar Indonesia.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dominasi beras impor asal Vietnam dan Thailand mulai tersaingi oleh beras impor asal Myanmar, India dan Pakistan. Berikut ini rangkuman data impor beras Indonesia berdasarkan negara asalnya.

Baca juga: Impor Beras Era Megawati hingga Jokowi: Selalu Turun Saat Kampanye

Banjir beras impor dari Vietnam dan Thailand

Di awal periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia masih melanjutkan langganan impor beras asal Vietnam dan Thailand.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tahun 2014, sebanyak 306.418 ton beras dari Vietnam dipasok ke Indonesia. Angka tersebut menjadi yang terbesar kedua setelah Thailand yang memasok 366.203 ton beras ke Indonesia.

Setahun berselang, di 2015 Indonesia kembali impor beras dari Vietnam sebanyak 509.374 ton. Kali ini Vietnam jauh mengungguli Thailand yang hanya mengekspor berasnya sebanyak 126.745 ton ke Indonesia.

Pada 2016, persaingan ketat antara beras impor dari Vietnam dan Thailand kembali terjadi. Di tahun tersebut, beras impor asal Vietnam berjumlah 535.577 ton, sedangkan dari Thailand 557.890 ton.

Kemudian di tahun 2017, jumlah beras impor asal Thailand dan Vietnam ikut menurun seiring terpangkasnya total kuota impor beras pemerintah sebanyak 305.274 ton. Dari total capaian impor itu, sebanyak 16.599 ton beras berasal dari Vietnam, sedangkan dari Thailand sebesar 108.944 ton.

Baca juga: Balada Impor Beras, Garam, dan Gula, Usai Seruan Jokowi Benci Produk Asing

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.