Ada Terminal Baru, Kini Bandara Kuabang Bisa Tampung 160.000 Penumpang per Tahun

Kompas.com - 24/03/2021, 13:35 WIB
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo meresmikan terminal Bandara Kuabang di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (24/3/2021). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaFoto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo meresmikan terminal Bandara Kuabang di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (24/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Kuabang yang terletak di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Dengan adanya pengembangan terminal menjadi seluas 3.500 meter persegi (m2), kini Bandara Kuabang dapat melayani hingga 160.000 penumpang per tahunnya.

Adanya pertambahan kapasitas tersebut diharapkan Jokowi dapat memunculkan titik-titik ekonomi baru di sekitar Bandara Kuabang.

Baca juga: Jokowi Minta Penerbangan ke Bandara Kuabang Minimal Dua Kali Sepekan

“Alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang telah siap digunakan untuk aktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya,” ujar Jokowi, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, dengan adanya terminal baru itu, Jokowi juga meminta agar penerbangan reguler di Bandara Kuabang dapat diaktfikan kembali secara bertahap minimal 2 kali penerbangan dari dan ke Bandara Kuabang dalam kurun waktu seminggu.

“Saya minta pak Menhub (menteri perhubungan) dan Dirjen Perhubungan Udara untuk mengusahakan secara bertahap 2 kali penerbangan menuju ke sini. Kalau keadaan sudah normal baru bisa paling tidak 3 kali,” tutur dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merespon hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku tengah melakukan koordinasi dengan pihak maskapai untuk mengadakan penerbangan regular dari dan ke Bandara Kuabang.

Menurut Menhub, keberadaan Bandara Kuabang sangat penting, karena dapat meningkatkan konektivitas dan mempermudah aksesibilitas masyarakat di Provinsi Maluku Utara dan sekitarnya.

Baca juga: Resmikan Terminal Bandara Kuabang, Jokowi Harap Ekonomi Halmahera Utara Meningkat

“Dengan anggaran lebih dari Rp 300 miliar dan panjang runway 2.400 m, cukup panjang dan sangat memadai untuk meningkatkan konektivtias, pariwisata, dan kegiatan ekonomi di Maluku Utara,” ucap Budi Karya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.