[POPULER MONEY] Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama | Hitungan Diskon PPnBM Innova-Fortuner

Kompas.com - 25/03/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi kartu ATM Shutterstock.comIlustrasi kartu ATM

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan di Indonesia mulai bergerak untuk mengganti kartu ATM berbasis magnetic stripes atau pita magnetik menjadi kartu berbasis chip.

Untuk itu, bank-bank mulai mengganti kartu lama menjadi kartu baru yang menggunakan teknologi chip sebelum kartu lama diblokir.

Berita mengenai pemblokiran ATM lama menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (24/3/2021). Sementara itu, berita lain yang juga masuk terpopuler adalah mengenai hitung-hitungan diskon PPnBM untuk Innova-Fortuner.

Berikut adalah daftar berita selengkapnya:

1. Ini Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama BRI hingga BCA

Bank-bank Tanah Air akan memblokir kartu ATM lama berbasis magnetic stripes. Hal ini sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Dengan kata lain, BI mewajibkan perbankan untuk mengubah kartu ATM lama menjadi kartu ATM berbasis chip hingga akhir tahun 2021. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Diskon PPnBM Innova-Fortuner Berlaku April 2021, Begini Hitung-hitungannya

Rencana pemerintah untuk memberikan diskon atas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil dengan kapasitas 1.500 cc hingga 2.500 cc telah mencapai titik terang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah akan segera mengumumkan insentif berupa pajak ditanggung pemerintah (DTP) tersebut bila Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sudah rampung dibuat.

Ia pun mengatakan, aturan pajak untuk mobil Innova hingga Fortuner tersebut bisa mulai berlaku mulai bulan April 2021.

"Untuk PPnBM 2.500 cc sedang proses finalisasi PMK-nya, yang nanti bisa mulai berlaku mulai April, terutama yang di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc, nanti akan diumumkan begitu selesai PMK-nya," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dilakukan secara virtual, Selasa (23/3/2021). Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X