Indo Premier Investment Management Luncurkan Reksa Dana ETF

Kompas.com - 25/03/2021, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indo Premier Investment Management (IPIM) meluncurkan 13 Reksa Dana ETF atau Premier ETF. Produk Premier ETF yang bekerjasama dengan FTSE Russell ini merupakan Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG dengan kode perdagangan XIFE.

Noviono Darmosusilo, Direktur IPIM mengatakan, ETF atau Reksa Dana Bursa ini merupakan Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG, dan merupakan ETF ke-14 yang diluncurkan IPIM. Dalam peluncuran produk ini, IPIM menggandeng Deutsche Bank AG, sebagai Bank Kustodian dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan.

“Kami terus menggali ide-ide produk baru yang memberikan kemudahan bagi investor. Tidak hanya mudah dalam pelaksanaan eksekusinya namun juga memberikan kemudahan bagi investor dalam penyusunan portfolio mereka menggunakan ETF-ETF yang kami sediakan karena strategi tiap-tiap ETF kami yang mudah dimengerti dan mudah dipantau,” ungkap Noviono dalam siaran pers, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Reksa Dana: Definisi, Jenis, Keuntungan dan Risiko

Di tengah kondisi pasar saat ini, Noviono menilai ETF dapat dijadikan alternative instrumen investasi yang tepat oleh investor yang mampu memberikan hasil pasar yang konsisten dengan dinamika resiliensi pasar yang terjadi sampai kurun waktu saat ini.

Menurut Noviono, keunggulan komparatif yang membedakan ETF dengan Reksa Dana Konvensional adalah transparansi, efisiensi dan fleksibilitas. Instrument ETF memberikan transparansi maksimal dari isi portofolionya serta memberikan keleluasaan bagi investor untuk bertransaksi setiap saat sepanjang jam bursa.

Tidak hanya oleh karena keunggulan komparatif ETF sebagai instrumen investasi, namun ETF juga berada di garda depan dalam penerapan prinsip-prinsip etika bisnis yang transparan dalam industri pengelolaan investasi. Hal ini sejalan dengan prinsip ESG – Environmental, Social, dan Governance dalam berinvestasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tren secara global, tentunya meningkatkan minat investor untuk berinvestasi dengan wawasan ESG di Indonesia. Kali ini, IPIM bekerja sama dengan penyedia indeks global, FTSE Russell, meluncurkan Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG yang menggunakan indeks FTSE Indonesia ESG sebagai acuan investasi,” ujar dia.

Menurut Suwito Haryatno, Direktur IPIM, investor dapat memiliki portofolio 32 saham unggulan berfundamental baik dan mempertimbangkan aspek ESG. Kinerjanya pun mampu melebihi kinerja imbal hasil indeks LQ45 dan IHSG sejak tanggal dasar indeks 22 Juni 2015.

“Dengan demikian, investor dapat meningkatkan atau menurunkan porsi saham bertema faktor ESG ini dengan cepat secara mudah sesuai dengan strategi investasi yang investor ingin terapkan, baik berupa tactical asset allocation maupun buy and hold strategy,” ujar Suwito.

Keunggulan lain yang bisa didapat dengan berinvestasi pada ETF atau Reksa Dana Bursa yakni, investor tidak perlu terpaku pada penentuan Nilai Aktiva Bersih (NAB) di akhir hari karena perdagangan dapat dilakukan selama jam perdagangan di BEI menggunakan indikatif

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.