Cari Partner Pengembangan Baterai Kendaraan Listrik, Erick Thohir dan Luhut akan ke AS

Kompas.com - 26/03/2021, 18:34 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri BUMN Erick Thohir di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dirinya dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan terbang ke Amerika Serikat untuk mencari partner pengembangan industri baterai kendaraan listrik di Tanah Air.

Selain dengan Luhut, Erick akan berangkat ke Negara Paman Sam itu bersama Menteri Perdagangan M Lutfi.

“Makanya di pertengahan April ini, Pak Luhut dan saya dan Mendag akan ke Amerika. Salah satunya liat potensi kerjasama di Amerika,” ujar Erick dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Wamen BUMN Yakin Industri Baterai Kendaraan Listrik Jadi Tulang Punggung Ekonomi RI di Masa Depan

Saat ini, lanjut Erick, Indonesia Battery Corporation (IBC) telah menjalin kerja sama dengan CATL dan LG Chem untuk pengembangan industri baterai kendaraan listrik di Indonesia.

“Kita juga akan ke Jepang juga bicara hal yang sama,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Erick mengaku pemerintah tak ingin hanya bekerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan dan China saja. Pemerintah membuka peluang kerja sama pengembangan industri tersebut juga dengan negara lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pajak Mobil Dibebaskan, Bagaimana Nasib Pertumbuhan Kendaraan Listrik?

“Jangan karena IBC ini kita monopolli partner satu dua saja. Tapi kita malah partner sama banyak pihak, tapi harus terkonsolidasi. Kalau enggak gitu, sumber daya alam kita enggak jalan dengan baik. Malah nanti sumber daya alam kita yang dikuras dan enggak dimanfaatkan di sini,” ungkapnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.