Global Village Itu Nyata

Kompas.com - 30/03/2021, 09:43 WIB
Ilustrasi digitalisasi DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi

NAMANYA Ananda Fuad Zain, seorang guru Sekolah Dasar (SD) Inpres di Kabupaten Bogor. Jawa Barat. Di sela waktu luangnya sebagai guru, Fuad menjadi seorang ilustrator motor atau motorcycle art. Menggambar motor dalam media digital.

Fuad adalah generasi baru Indonesia, milenial. Meski tinggal di desa, namun tidak menjadi kendala untuk merambah dunia nyata via maya.

Kemampuannya menggoreskan gambar di media digital, membawanya berinteraksi dengan macam dan ragam orang dari berbagai negara. Sebuah aktivitas berfaedah yang diawali dari sebuah hobi, ditekuni secara komersial sejak tahun 2015.

Puncaknya pada Maret 2020, pertama kali melakukan transaksi lintas negara bahkan benua dengan bayaran awal 5 dollar AS dari seorang costumer dari Turki.

Fuad melakukan aktivitas menggambar selepas mengajar jadi guru honorer. Atas ikhtiar sebagai motorcycle arts, digabung dengan gaji guru honorer, akhirnya dapat membayai kuliah sendiri dan menabung buat pernikahan.

Hingga saat ini sudah hampir 350-an gambar dengan harga per gambar melonjak berlipat menjadi 35 dollar AS. Pemesannya sudah banyak, jika dilihat dari akun Instagram @fuadzain_ tersebutlah Lady Rebel, dari Las Vegas; Aaron Coleman, Daytona Amerika; Alison Sandra Murugesu dari Malaysia; Dirk Luetkemeier dari Denmark dan banyak lainnya.

Kendala Bahasa bisa diselesaikan dengan Google Translate. Its very simple things.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Birokrasi Zaman Now dan Open Government di Era Media Sosial

Proses pemasaran hanya melalui "getok tular digital" atau word of mouth digital. Bukan sekadar viral dan terkenal, namun ternyata tidak nampak dalam landscape kreativitas.

Bahkan selama pandemi, selama setahun ini, setiap bulan selalu ada pesanan atau ‘order’. Hikmah dari testimoni para customer kepada follower dan teman mereka.

Coverage ‘orderan’ sudah terwakili semua benua. Bahkan pernah satu bulan secara penuh mengerjakan 31 gambar. Hal yang membuat dirinya senang, apresiasi orang-orang (terutama dari luar negeri) mereka rela cetak sendiri gambarnya di tempat mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.