Erick Thohir Khawatir BUMN Punah Jika Tak Mampu Bersaing dengan Swasta dan Asing

Kompas.com - 07/04/2021, 16:02 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran logo Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020). Dokumentasi Kementerian BUMNMenteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran logo Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan pentingnya kualitas sumber daya manusia (SDM) dan transformasi digital pada perusahaan pelat merah di era revolusi industri 4.0.

Dia khawatir, bila BUMN tak mampu berkembang mengikuti perubahan yang ada, maka akan kalah bersaing dengan swasta maupun asing.

"Ini yang sangat dikhawatirkan ketika BUMN enggak siap transformasi, sehingga BUMN punah sebab kalah dipersaingan," ujar Erick konferensi pers Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Perempuan Jadi Pimpinan BUMN, Erick Thohir: Saya Minta di 2021 Bisa Mencapai 15 Persen

Erick mengatakan, BUMN harus membuat terobosan guna mengikuti tren perubahan industri.

Seperti industri perbankan yang sudah mengedepankan digitalisasi atau industri manufaktur yang sudah gunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Perubahan-perubahan pada industri tersebut perlu segera diantisipasi.

Oleh sebab itu, BUMN harus memiliki SDM yang mampu mempercepat adaptasi terhadap paradigma yang berkembang saat ini.

Para talenta BUMN, kata dia, saat ini tak hanya menghadapi tantangan dan dinamika perekonomian nasional, tetapi juga global.

Baca juga: Erick Thohir Pelajari Cara Reformasi BUMN China

Maka, SDM di perusahaan pelat merah diminta untuk bisa membudidayakan iklim kerja yang inovatif guna menciptakan peluang bisnis, serta melakukan terobosan di era digital.

Menurut Erick, bila BUMN mampu berkembang dan bersaing dengan swasta dan asing, maka akan menciptakan lapangan kerja baru serta memperkuat perekonomian nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X