Tertarik Buka Indomaret? Ini Modal dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Kompas.com - 10/04/2021, 09:36 WIB
Gerai Indomaret di Jalan Raya Sirkuit Sentul, Babakan Madang, Desa Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019) Kompas.com/AFDHALUL IKHSANGerai Indomaret di Jalan Raya Sirkuit Sentul, Babakan Madang, Desa Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis waralaba Indomaret mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berwirausaha. Dengan modal Rp 394 juta, Anda sudah bisa membuka gerai Indomaret.

Jika Anda berminat membuka gerai Indomaret, berikut syarat dan tahapan yang perlu dipenuhi:

  • Warga negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120 sampai 200 meter persegi
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket yang meliputi IMB/IPB ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP dan lainnya
  • Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret

Baca juga: Promo Indomaret April 2021: Serba Gratis dan Tebus Murah

Tahapan kerja sama:

1. Presentasi Pertama

Bagi Anda yang telah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung, seperti sertifikat bangunan, IMB, KTP, KK, denah lokasi, SIUP, TDP, IUTM, STPW, NPWP, PKP, dan lainnya. Pada presentasi pertama akan dijelaskan dengan detail mekanisme kerja sama,besaran investasi, keuntungan per bulan, dan sistem operasional toko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Presentasi Kedua

Pada tahap ini akan dipaparkan hasil survei kelaikan dan Rencana Anggaran Belanka (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

3. Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka akan ditandatangani perjanjian waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Baca juga: Cara Buka Pertashop, Berapa Modalnya, dan Persyaratannya

Adapun rincian estimasi investasi bagi Anda yang tertarik membuka geral Indomaret adalah sebagai berikut:

  • Franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta
  • Promosi dan persiapan pembukaan toko Rp 9,5 juta
  • Renovasi dan tambah daya listrik Rp 170,5 juta (estimasi biaya renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan ruko, maka akan ada penyesuaian biaya)
  • Peralatan elektronik dan non-elektronik Rp 178 juta

Jika ditotal, maka investasi yang dibutuhkan untuk buka gerai Indomaret dengan sistem waralaba sebesar Rp 394 juta. Namun, dana tersebut belum termasuk biaya sewa bangunan.

Apabila dengan syarat-syarat di atas Anda tertarik, silakan langsung mengunjungi laman resmi Indomaret untuk melakukan pendaftaran waralaba.

Baca juga: Ini Syarat, Cara, dan Modal untuk Buka Gerai Alfamart

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.