Hasil Riset Jenius Sebut Penggunaan ATM Turun Selama Pandemi

Kompas.com - 15/04/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi ATM KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi ATM
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan digital banking PT Bank BTPN Tbk, Jenius, mengeluarkan hasil studi mengenai perubahan perilaku transaksi keuangan selama masa pandemi Covid-19.

Hasil studi tersebut menunujukan, semenjak merebaknya virus corona, penggunaan uang tunai mengalami penurunan signifikan.

Hal tersebut terefleksikan dengan berkurangnya porsi penggunaan mesin ATM, CDM, hingga kantor cabang bank dalam melakukan transaksi keuangan.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B. Sumintardja mengatakan, dari 567 orang responden, hanya 25 persen diantaranya yang masih menggunakan ATM selama pandemi merebak. Angka ini turun dari periode sebelum pandemi yang mencapai 45 persen.

"Artinya transaksi tunai kecenderungannya makin berkurang," katanya dalam konferensi pers, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Harga Dogecoin Meroket 85 Persen Dalam Sehari

Penurunan transaksi juga terjadi di mesin CDM dari sebelum pandemi 17 persen menjadi 12 persen, dan kantor cabang bank dari 7 persen menjadi hanya 3 persen.

"Mobile banking tetap nomor satu, persentasenya naik dari 71 persen menjadi 83 persen. Nomor dua menjadi internet banking menjadi 34 persen," tutur Waasi.

Perubahan perilaku transaksi itu juga dirasakan oleh Jenius. Wassi menyebutkan, penarikan uang tunai mengalami penurunan. Pada saat bersamaan, fitur transfer dan top up dana mengalami peningkatan.

"Intinya mendukung transaksi non tunai. Dari transaksi Jenius Pay juga meningkat," ujarnya.

Lebih lanjut Waasi menyebutkan, fitur-fitur yang berkaitan dengan transaksi keuangan digital lainnya juga mengalami peningkatan, mulai dari pembayaran e-commerce hingga pengunaan QR code.

"Transaksi-transaksi lain atau fitu-fitur lain yang relevan dengan kondisi pandemi ini, itu juga terjadi peningkatan," ucapnya.

Baca juga: Ini 3 Negara Pemasok Kurma ke Indonesia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X