Kompas.com - 29/04/2021, 16:09 WIB
Toko ritel modern milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) KOMPAS/HERU SRI KUMOROToko ritel modern milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI Arief Prasetyo Adi membeberkan beberapa alasan yang melatarbelakangi pembentukan holding pangan BUMN.

"Pertama adalah saat ini tingkat ketahanan pangan kita masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan Global Food Index, angkanya 62 dari 113 negara," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Kamis (29/4/2021).

Alasan kedua yakni adanya beberapa isu terkait peningkatan inklusivitas kesejahteraan para petani, nelayan hingga peternak. Dengan adanya holding ini, kata dia, diharapkan kesejahteraan para petani, nelayan, dan peternak bisa ditingkatkan yang diukur dengan nilai tukar pangan.

Baca juga: Sri Mulyani: Besaran THR PNS Tahun 2021 Tanpa Tunjangan Kinerja

Sementara alasan dibentuknya holding pangan BUMN yakni perlunya operational excellence dan modernisasi teknologi.

Menurut Arief, pembentukan holding diharapkan bisa meningkatkan ketahanan pangan dan hasil pertanian, perikanan, peternakan melalui penambahan luas lahan.

"Lalu kami juga akan melakukan peningkatan kemitraan, melakukan transparansi harga, serta penurunan biaya logistik melalui konsolidasi supplai chain," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembentukan holding BUMN pangan akan terdiri dari PT RNI (Persero), PT PPI (Persero), Perum Perikanan Indonesia, PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Garam (Persero), PT Pertani (Persero), PT BGR Logistics (Persero), PT Berdikari (Persero), dan PT Sang Hyang Seri (Persero).

RNI berharap pembentukan ini bisa terealisasi pada kuartal III tahun ini.

Baca juga: Transisi Blok Rokan, Ini yang Dilakukan SKK Migas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.