Jamkrindo Lakukan Penjaminan Kredit Program PEN Rp 14,4 Triliun

Kompas.com - 30/04/2021, 14:11 WIB
Kantor Jamkrindo Cabang Kupang baru, berlokasi di jalan Jendral Soeharto, Kelurahan Naikolan, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang KOMPAS.com/Sigiranus Marutho BereKantor Jamkrindo Cabang Kupang baru, berlokasi di jalan Jendral Soeharto, Kelurahan Naikolan, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai penjaminan kredit untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilakukan oleh PT Jamkrindo (Persero) bertambah.

Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Suwarsito mengatakan, sejak Juli tahun lalu, pihaknya telah melakukan penjaminan kredit program PEN senilai Rp 14,48 triliunNilai penjaminan kredit untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilakukan oleh PT Jamkrindo (Persero) bertambah..

"Dengan jumlah UKM 952.000, hampir 1 juta. Jadi itu adalah jumlah kredit yang kita jamin," katanya dalam konferensi pers HUT ke-51 Jamkrindo, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: LPS Buka Opsi Bebaskan Premi Penjaminan Perbankan, ini Syaratnya

Ia menjelaskan, sejak digulirkannya program PEN pada pertengahan tahun lalu, pihaknya memfasilitasi penjaminan kredit untuk seluruh sektor usaha.

"Hanya saja yang perlu kita tekankan PEN hanya untuk modal kerja dan maksimal 3 tahun dan debitur maksimal Rp 10 miliar," tuturnya.

Berdasarkan data yang dimiliki, perdagangan menjadi sektor usaha yang mendominasi penjaminan kredit program PEN yang dilakukan oleh Jamkrindo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sektor yang paling banyak memang masih di sektor jasa perdagangan," ujar Suwarsito.

Baca juga: Sri Mulyani Perluas Penjaminan Industri Hotel hingga Restoran

Menurutnya, pembiayaan PEN yang dilaksanakan oleh Pemerintah menjadi penting bagi para pelaku UMKM agar dapat mempertahankan bisnisnya, sehingga pada akhirnya membantu menggerakan kembali roda perekonomian nasional.

"Harapannya para pelaku usaha yang terdampak bisa mempertahankan usahanya," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.