Harga Ethereum Hari Ini Sempat Sentuh Harga Tertinggi di Rp 42,9 Juta

Kompas.com - 02/05/2021, 15:40 WIB
ethereum ethereumethereum
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga ethereum terus menguat dalam sepekan terakhir. Dikutip dari laman Coingecko, Minggu (2/5/2021) harga mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar kedua setelah bitcoin tersebut sempat menyentuh angka 2.961 dollar AS per keping atau sekitar Rp 42,9 juta.

Namun, harga ethereum telah melemah 0,6 persen menjadi 2.880 dollar AS per keping. Meski demikian, harga ethereum tersebut masih menguat 1 persen bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama hari sebelumnya.

Coingecko mencatat, harga ethereum telah menguat hingga 30,6 persen dalam sepekan terakhir. Sedangkan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, harga aset kripto tersebut telah meroket hingga 1.263,5 persen.

Baca juga: Ethereum Tembus Rp 40 Juta, Diprediksi Masih Akan Melonjak Lagi

Dilansir dari CNN, lonjakan harga ethereum tersebut lebih tinggi bila dibandingkan dengan bitcoin yang menguat 539,2 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Saat ini, total valuasi pasar ethereum tercatat sebesar 333 miliar dollar AS. Sedangkan valuasi bitcoin mencapai 1,1 triliun dollar AS.

Dengan total valuasi aset kripto yang mencapai 2,2 triliun dollar AS, valuasi ether dan bitcoin tersebut telah mencapai satu per tiganya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga ethereum mencetak rekor salah satunya karena terjadi peningkatan permintaan Non Fungible Token atau NFT.

Baca juga: Tinggal Tunggu Persetujuan Bappebti, Bursa Aset Kripto Indonesia Segera Hadir?

NFT atau Non-Fungible Token adalah sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan kepemilikan suatu foto, video, atau aset bentuk virtual lainnya. Aset NFT memiliki nomor kode dan metadata unik yang tidak bisa direplikasi, serta berbeda satu sama lain.

Kode unik itu bisa melacak penerbit token, pemilik awal, dan pemilik akhir untuk karya atau barang yang sifatnya bisa dikoleksi (collectible).

Kerap kali, NFT akan menyedaikan video unik atau konten digital lain kepada fans dari seorang seniman, selebritas hingga atlet .

Beberapa waktu yang lalu, hasil karya seorang seniman digital Beeple terjual senilai 70 juta dollar AS dalam sebuah lelang awal tahun ini.

Baca juga: Mengenal Ethereum, Uang Kripto Selain Bitcoin yang Harganya Terus “Meroket”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.