Negara-negara Zona Euro Alami Resesi Lagi, Kok Bisa?

Kompas.com - 03/05/2021, 13:13 WIB
Mata uang euro. ThinkstockMata uang euro.
Penulis Mutia Fauzia
|


LONDON, KOMPAS.com - Negara-negara kawasan euro atau zona euro (eurozone) kembali terperosok resesi lantaran pandemi Covid-19 yang masih terus membayangi kegiatan perekonomian.

Dilansir dari BBC, Senin (3/5/2021) perekonomian eurozone mengalami kontraksi sebesar 0,6 persen pada periode Januari hingga Maret 2021. Dengan demikian, negara kawasan euro mengalami resesi double dib.

Artinya, ekonomi eurozone kembali resesi setelah pada periode sebelumnya sudah sempat tumbuh.

Baca juga: 4 Jurus agar Bisnis Tak Hancur Lebur di Masa Resesi

Namun demikian, dari negara-negara yang telah merilis data perekonomiannya hingga saat ini, pola serupa hanya terjadi di Italia.

Perekonomian Italia pada kuartal I tahun ini masih 6,6 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan akhir tahun 2019 atau awal mula dari pandemi.

Sementara itu, negara-negara lain telah menunjukkan pertumbuhan pada satu hingga dua kuartal terakhir.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ekonomi Perancis, misalnya, telah kembali tumbuh pada tiga bulan pertama tahun ini, yakni sebesar 0,4 persen, setelah sempat merosot pada akhir tahun 2020 lalu.
Meski demikian, pihak biro statistik setempat menilai kinejra perekonomian tersebut masih tertahan.

Di sisi lain, Jerman yang sempat mencatatkan pertumbuhan pada kuartal IV-2020 lalu, ekonominya kembali merosot yakni minus 1,7 persen di kuartal I tahun ini.

Baca juga: Masih Terkontraksi, Pertumbuhan Ekonomi RI Diproyeksi Minus 0,5 Persen hingga Minus 1 Persen di Kuartal I 2021

Terdapat beberapa faktor spesifik yang menyebabkan kinerja ekonomi Jerman kembali merosot di awal tahun ini.

Claus Vistesen dari Pantheon Macroeconomics mengatakan, ekonomi Jerman terdampak oleh kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) yang menyebabkan kemerosotan pada belanja dan konstruksi.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X