Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chairul Tanjung Tambah Kepemilikan 635 Juta Lembar Saham di Garuda Indonesia

Kompas.com - 11/05/2021, 07:07 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan telah melakukan pengalihan saham Finegold Resources Ltd milik GIAA ke PT Trans Airways. Mengutip dari keterbukaan informasi, jumlah saham yang dialihkan ke perusahaan milik taipan Chairul Tanjung sebanyak 635 juta lebih.

Perubahan kepemilikan saham dari GIAA ke Trans Airways ini diteken langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Surat laporan perubahan kepemilikan saham GIAA tersebuts secara elektronik ditujukan kepada Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK.

"Kami dengan ini memberitahukan bahwa Finegold Resources Ltd telah mengalihkan seluruh saham miliknya dalam PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan jumlah keseluruhan 635.739.990 saham kepada PT Trans Airways berdasarkan dokumen sebagaimana terlampir," ujar Direktur Utama Trans Airways Warnedy melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Simak Syarat Terbang dengan Garuda Indonesia Selama Periode Larangan Mudik Lebaran

Dengan demikian, saham Chairul Tanjung di GIAA bertambah sebanyak 7,31 miliar atau setara 28,26 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor perseroan. Sebelum melakukan transaksi peralihan, saham Trans Airways di GIAA sebesar 6,68 miliar atau setara 25,81 persen.

Harga pembelian atau penjualan saham GIAA sendiri sebesar Rp 499 per lembarnya. Transaksi peralihan tersebut telah berlangsung pada 6 Mei 2021.

Peralihan ini telah mengikuti pasal 2 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11/POJK.04/2017 tentang Laporan Kepemilikan atau Setiap Perubahan Kepemilikan Saham Perusahaan Terbuka.

Adapun tujuan dari peralihan maskapai pelat merah tersebut ke Trans Airways adalah sekadar investasi dengan status kepemilikan saham secara langsung.

Berdasarkan pengamatan di RTI, pergerakan indeks saham GIAA di pasar modal pada Senin (10/5/2021) kemarin, berada di posisi stagnan ke level Rp 320. Adapun nilai transaksi yang diperoleh sebesar Rp 2,38 miliar dari 7,46 juta lembar saham yang diperdagangkan. Pencapaian market kapital yang diraih sebesar Rp 8,28 triliun.

Baca juga: Super Air Jet Siap Mengudara, Dirut Garuda: Kami Welcome

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com