Garuda Indonesia Tawarkan Pensiun Dini, Asosiasi Pilot: Ini Solusi yang Baik

Kompas.com - 21/05/2021, 16:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) menawarkan program pensiun dini kepada karyawannya. Hal ini jadi upaya perseroan dalam pemulihan kinerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Presiden Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) Muzaeni mengungkapkan, penawaran pensiun dini menjadi solusi antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja sebagai tindaklanjut dari kondisi keuangan Garuda Indonesia yang terus menurun.

"Kami menolak sih enggak, setuju banget juga enggak, tapi kami menilai dan menimbang bahwasanya inilah solusi yang baik, karena ada aturannya dan sifatnya sukarela," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Garuda Indonesia Tawarkan Pensiun Dini bagi Karyawannya

Ia menjelaskan, penawaran pensiun dini dikabarkan langsung oleh jajaran direksi perusahaan kepada karyawan melalui pertemuan virtual pada Rabu (19/5/2021). Penawaran ini pun berlaku untuk semua karyawan Garuda Indonesia.

Menurut Muzaeni dalam pertemuan itu manajemen perusahaan menjelaskan kondisi keuangan terkini dari maskapai pelat merah tersebut yang terus tertekan, sehingga akhirnya memutuskan untuk menawarkan pensiun dini.

Sebelum pertemuan itu pun, kata dia, pihak manajemen telah lebih dulu bertemu dengan serikat pekerja Garuda Indonesia dalam pembahasan rencana restrukturisasi perusahaan. Saat itu serikat pekerja memang meminta untuk tak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

"Kami menolak ada PHK sepihak dalam rencana restrukturisasi total. Silahkan saja restrukturisasi total karena ini memang untuk penyelamatan perusahaan dan kelangsungan hidup karyawan, tapi kami meminta kepada manajemen untuk tidak ada PHK sepihak," jelas dia.

Baca juga: Chairul Tanjung Tambah Kepemilikan 635 Juta Lembar Saham di Garuda Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.