Ada Potensi 420.000 Orang Kembali dari Sumatera ke Jawa, Menhub Ingatkan Tes Antigen

Kompas.com - 23/05/2021, 07:54 WIB
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menteri Perubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan tes GeNoseC-19 kepada penumpang di terminal Alang-Alang Lebar (AAL) Palembang, Sabtu (22/5/2021). KOMPAS.com/AJI YK PUTRAKetua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menteri Perubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan tes GeNoseC-19 kepada penumpang di terminal Alang-Alang Lebar (AAL) Palembang, Sabtu (22/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan masyarakat yang melakukan perjalanan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa menggunakan angkutan penyeberangan kapal wajib melakukan tes Covid-19, setidaknya rapid antigen.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan tinjauan sejumlah lokasi pelaksaan rapid tes antigen di wilayah Lampung, terutama di Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (23/5/2021) kemarin.

“Kami mohon kepada jajaran Pemprov Lampung dan Satgas Khusus Covid-19 Lampung yang diketuai Kapolda untuk terus melakukan pengawasan agar tidak ada yang lolos pemeriksaan,” ujar Budi Karya seperti dikutip dalam keterangannya, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemudik di 2 Pelabuhan ini Wajib Rapid Test Antigen

Di sisi lain, dia juga mengimbau untuk masyarakat bisa melakukan tes Covid-19 secara mandiri dari kota asal agar tidak perlu mengantri melakukan tes di sejumlah titik pemeriksaan, sehingga dapat menghindari penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni.

Budi Karya mengatakan, pelaksanaan tes Covid-19 di wilayah Lampung harus berjalan dengan baik guna memastikan para penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa bebas Covid-19.

Terlebih mengingat adanya peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Sumatera dalam beberapa minggu terakhir yang berpotensi memicu penularan virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini dilakukan guna memastikan para penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni sudah dipastikan dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19," kata dia.

Untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat usai Lebaran dari Sumatera ke Jawa, pemerintah memang telah membentuk Satgas Khusus Provinsi Lampung yang dikomandoi oleh Kapolda Lampung. Satgas ini untuk memastikan masyarakat yang akan menyeberang sudah melakukan tes rapid antigen.

Tercatat ada tujuh titik pengecekan tes rapid antigen di wilayah Lampung yaitu di Pos Rest Area KM 172 B, Pos Rest Area KM 87 B, Pos Rest Area KM 20 B, Pos Pelabuhan Bandar Bakau, Pos Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pos Simpang Hatta, dan Begadang IV.

Baca juga: Patroli Kemenhub Amankan Pemudik Nekat Lewat Laut

Berdasarkan data PT ASDP Ferry Indonesia, total sekitar 420.000 orang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sepanjang 22 April hingga 14 Mei 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.