Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemudik di 2 Pelabuhan ini Wajib Rapid Test Antigen

Kompas.com - 15/05/2021, 15:23 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi DOKUMENTASI KEMENHUBMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan meningkatkan pelaksanaan uji acak atau random testing rapid test antigen kepada masyarakat yang ingin melakukan pergerakan antar daerah, guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca berakhirnya periode larangan mudik Lebaran.

Bahkan, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona dari luar pulau Jawa, pemerintah bakal melaksanakan rapid test antigen di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, yang wajib diikuti oleh para calon penumpang.

"Mandatory (testing) dilakukan di Bakaheuni, yang kedua di Gilimanuk. Makanya saya di Gilimanuk akan memastikan berlangsung dengan baik," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam diskusi virtual, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Menhub Minta Tes Acak Covid-19 Dilakukan secara Masif

Sementara itu, pengecekan secara acak akan ditingkatkan intensitasnya terhadap pengguna angkutan jalan kendaraan baik di jalan tol maupun jalan arteri di wilayah Jawa Barat hingga Jawa Timur.

"Artinya secara intensif kita melakukan upaya-upaya itu," kata Budi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan, dalam beberapa waktu terakhir, tengah terjadi peningkatan kasus aktif di pulau Sumatra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin mencegah adanya peralihan kasus aktif dari pulau Sumatra menuju pulau Jawa.

"Dan memang ada beberapa provinsi di Sumatra yang cukup tinggi (kasus aktif Covid-19)," ujar Airlangga.

Baca juga: Ada Varian Baru Covid-19, Pelaksanaan Tes CPNS 2021 Bisa Diperpanjang

Dilaksanakannya pengecekan secara acak atau wajib diharapkan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 pasca berakhirnya larangan mudik Lebaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.