Tumbuh 16 Persen, Laba Bersih Allianz Indonesia 2020 Capai Rp 1,3 Triliun

Kompas.com - 02/06/2021, 16:54 WIB
Portal nasabah Allianz eAZy Connect memungkinkan nasabah untuk mengakses informasi polis asuransi jiwa dan melakukan transaksi secara digital melalui website Allianz Indonesia Dok. Allianz IndonesiaPortal nasabah Allianz eAZy Connect memungkinkan nasabah untuk mengakses informasi polis asuransi jiwa dan melakukan transaksi secara digital melalui website Allianz Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Indonesia membukukan kinerja positif sepanjang tahun 2020. Ini terefleksikan dengan pertumbuhan pendapatan hingga laba bersih perusahaan.

Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Cui Cui mengatakan, sepanjang tahun lalu perusahaan mampu membukukan pendapatan premi bruto atau gross weitten premium (GWP) sebesar Rp 16,9 triliun, tumbuh 27,8 persen dari tahun sebelumnya.

“Ini merupakan hasil dari respons cepat perusahaan yang bersifat proaktif,” kata wanita yang akrab disapa Cindy itu dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Dana Kelolaan Allianz Life Naik Jadi Rp 42,7 Triliun

Capaian tersebut turut mengkerek laba bersih Allianz Life Indonesia sebesar 16 persen menjadi Rp 1,3 triliun sepanjang tahun lalu.

Pandemi disebut telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap berbagai risiko kehidupan.

Hal itu terlihat dari pertumbuhan lini bisnis asuransi kesehatan perorangan Allianz Life Indonesia, yang mencakup produk asuransi kesehatan murni maupun manfaat tambahan (rider) kesehatan yang melengkapi asuransi jiwa unit link.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di tahun 2020, GWP dari lini bisnis ini meningkat 102,1 persen menjadi Rp 1,1 triliun,” kata Cindy.

Selain itu, pada tahun 2020, Allianz Life Indonesia juga membayarkan 192.000 klaim pemegang polis, dengan nilai mencapai Rp 11,2 triliun, tumbuh 43,1 persen secara tahunan.

Peningkatan pembayaran klaim tersebut selaras dengan munculnya Covid-19 pada awal Maret tahun lalu.

“Jadi jika kita melihat klaim yang dibayarkan pada tahun 2020 baik di klaim asuransi kehidupan maupun klaim kesehatan terkait Covid-19 berjumlah sekitar 5 persen dari total klaim yang kita bayarkan," tutur Cindy.

Baca juga: Mau Beli Produk Asuransi? Sisihkan 10 Persen dari Pengeluaran Sehari-hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.