Kasus Covid-19 Melonjak, Luhut: Buah dari Ramai-ramai Mudik

Kompas.com - 15/06/2021, 16:37 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait melonjaknya kasus Covid-19.

Menurut Luhut, lonjakan kasus Covid-19 tersebut akibat masih banyaknya masyarakat yang tetap mudik Lebaran. Padahal, pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik.

"Pemerintah sudah minta kita stay at home, tidak mudik. Kemarin ramai-ramai (mudik) dan ini buahnya. Jadi kita semua (perlu) melakukan perenungan," ujarnya secara virtual, Selasa (15/6/2021).

"Kalau kita sebagai pemimpin tidak memberikan contoh, ini dampaknya banyak korban yang tanpa kita sadari secara langsung maupun tidak langsung akibat kelakuan kita sendiri," sambung dia.

Baca juga: Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus sama China

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, kenaikan kasus Covid-19 setelah Idul Fitri 2021 tak sebesar Lebaran tahun lalu.

Meski demikian, peningkatan kasus yang terjadi tiga minggu pasca-Idul Fitri tahun ini sudah lebih dari 50 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, tiga minggu pasca-Lebaran 2020, jumlah kasus Covid-19 naik 80,5 persen. Lonjakan itu dikontribusikan oleh sejumlah daerah, seperti Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Sementara itu, pada tahun ini kenaikan kasus Covid-19 disumbangkan oleh Jawa Tengah sebesar 120 persen, Kepulauan Riau naik 82 persen, Sumatera Barat naik 74 persen, DKI Jakarta naik 63 persen, dan Jawa Barat naik 23 persen.

Baca juga: Jokowi Panggil Anies hingga Kapolda ke Istana, Minta DKI Tekan Kenaikan Kasus Covid-19



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.