KILAS

Dari Mobil Depot hingga Punya 30 Cabang, Pemilik Cincau Station Beberkan Rahasia Kesuksesannya

Kompas.com - 16/06/2021, 20:17 WIB
Menu varian rasa Cincau Station.
DOK. Humas ShopeePay Menu varian rasa Cincau Station.

KOMPAS.com - Mempertahankan bisnis kuliner lebih dari satu dekade tidaklah mudah. Perjuangan itu pula yang dialami oleh owner atau pemilik Cincau Station Erwin Tirta Yasa Suwarno.

Sejak 2005, ia mencoba peruntungannya di dunia bisnis kuliner dengan berdagang es cincau dari resep warisan sang ibu tercinta.

Dengan racikan resep tersebut, Erwin berhasil membawa brand minumannya, yakni Cincau Station sebagai salah satu pelopor minuman cincau hijau di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Rahasia kesuksesannya, ia dapatkan dari konsistensi dalam menjaga cita rasa minuman cincau hijaunya selama 16 tahun.

Baca juga: 5 Manfaat Cincau, Obati Panas Dalam hingga Cegah Kanker

Terbukti, kesegaran dan rasa alami dari menu Cincau Station kini telah menjadi minuman kegemaran masyarakat Kota Surabaya.

Tak hanya di kota pahlawan, eksistensi es cincau Erwin sampai merembet ke beberapa kota di Jatim, termasuk Sidoarjo dan Gresik. Cincau Station saat ini sudah memiliki lebih dari 30 cabang khusus di daerah Jatim.

Dalam acara exclusive interview “Semangat Usaha Lokal Surabaya” yang diselenggarakan ShopeePay pada Selasa (8/6/2021), Erwin menceritakan, kesuksesannya dalam berjualan es cincau tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi.

Erwin mengatakan, ia menggunakan sebuah mobil depot untuk menjajakan dagangannya di sekitar komplek SCTV, Surabaya Barat saat mengawali bisnisnya pada Juni 2005.

Baca juga: Awali Bisnis Pakai Nama Ruben Onsu, Jordi Onsu: Kayak Jualan Apartemen

Setelah hampir setahun berjualan, Erwin mulai melakukan ekspansi untuk bisnis kecilnya dari mobil depot dengan membuka gerai sederhana di salah satu mall di Surabaya.

Dari gerai tersebut, ia terus memperluas usahanya hingga Cincau Station menjadi salah satu brand minuman lokal kebanggaan masyarakat Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.