[KURASI KOMPASIANA] Melatih Anak Membersihkan Kamar Mandi | Merekatkan Kembali Bonding bersama Anak dengan Memasak

Kompas.com - 20/06/2021, 22:59 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONSIlustrasi membersihkan rumah.

KOMPASIANA---Mendidik anak agar menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab bukanlah hal mudah. Terkadang, masih banyak orangtua yang belum tahu bagaimana cara menerapkannya kepada anak.

Padahal, banyak ragam cara sederhana yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anak agar menjadi pribadi mandiri dan bertanggung jawab, salah satunya dengan memberikan anak tugas pekerjaan rumah tangga.

Meski demikian, nyatanya masih banyak orangtua berpikir bahwa anak tidak perlu dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga.

Penelitian mengunggkapkan bahwa memberikan andil pekerjaan rumah tangga kepada anak dapat meningkatkan empati, sikap tanggung jawab, dan kemandirian.

Oleh karenanya, bagi Anda sebagai orangtua yang baru akan memulai mengajarkan anak pekerjaan rumah tangga, ada baiknya orangtua menyesuaikan dulu pekerjaan tersebut dimulai dari yang ringan.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana terkait tip mendidik anak melakukan pekerjaan rumah tangga dan ragam manfaat yang bisa didapat:

1. Cara Asyik Melatih Anak Membersihkan Kamar Mandi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melatih anak cara untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga adalah sebuah keharusan. Namun, tak jarang justru orangtua terlalu protektif dan melarang anak melakukan hal tersebut.

Julie Lythcott-Haims, penulis buku How to Raise an Adult mengungkapkan bahwa melibatkan anak dalam membantu melakukan pekerjaan rumah dapat bermanfaat di masa depan.

Ada banyak contoh pekerjaan rumah tangga ringan yang dapat diberikan untuk anak, seperti mengelap meja makan, membuang sampah, menyapu, hingga membersihkan kamar mandi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.