Utility: Definisi, Contoh, dan Kegunaannya dalam Teori Ekonomi

Kompas.com - 23/06/2021, 12:39 WIB
Utility adalah, utility memiliki arti, utility artinya, apa itu utility. Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan mengunjungi Pabrik Garment PT L&B Indonesia di Jalan Siliwangi, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/5/2018). Dokumentasi Tim Sukses Hasanah.Utility adalah, utility memiliki arti, utility artinya, apa itu utility. Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan mengunjungi Pabrik Garment PT L&B Indonesia di Jalan Siliwangi, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Utility adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi, apalagi ketika membahas soal ekonomi dan keuangan. Lalu apa itu utility?

Secara garis besar, utility adalah kebermanfaatan. Selain itu, utility memiliki arti manfaat sebuah produk atau kegunaan bagi penggunanya.

Semakin tinggi utility artinya semakin besar pula kepuasan atau manfaat yang bisa diperoleh dari produk tersebut. Sederhananya, utility artinya kegunaan.

Namun demikian, utility memiliki arti yang relatif. Dengan kata lain, kepuasan atas manfaat suatu produk bisa berbeda. Seseorang mengatakan puas akan suatu produk, belum tentu orang lain akan mengatakan hal serupa.

Baca juga: Apa Itu Depresiasi dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Dikutip dari Investopedia, utility adalah istilah dalam ilmu ekonomi yang mengacu pada kepuasan yang diterima saat mengonsumsi atau menggunakan suatu produk atau jasa.

Dalam teori ekonomi, bahwa konsumen akan senantiasa berusaha memaksimalkan manfaat dari suatu produk atau jasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam teori ekonomi, tingkat utility adalah sangat penting. Ini karena tingkat utilitas akan sangat berpengaruh pada permintaan dan harga barang atau jasa tersebut.

Utilitas dalam ekonomi pertama kali diciptakan oleh ahli matematika Swiss abad ke-18 Daniel Bernoulli. Sejak itu, teori ekonomi telah berkembang, mengarah ke berbagai jenis utilitas ekonomi.

Baca juga: Apa Itu Startup dan Contohnya?

Salah satu contoh teori utilitas yang paling sering digunakan adalah utilitas dalam perhitungan biaya produksi. Perhitungan utility adalah lazimnya didasarkan pada persentase.

Sebagai ilustrasi, sebuah perusahaan pupuk menyatakan bahwa sebuah mesin yang dibelinya untuk memproduksi urea utilitasnya adalah sebesar 100 persen apabila mesin tersebut bisa menghasilkan 1.000 ton per hari.

Namun lantaran ekonomi sedang lesu, permintaan akan pupuk di pasaran berkurang, sehingga perusahaan hanya memproduksi 500 ton per hari.

Dengan kata lain, utilitas mesin pembuat pupuk urea tersebut hanya setengahnya saja atau 50 persen. Utility adalah seberapa besar manfaat dari mesin tersebut.

Baca juga: Apa Itu Deposit?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X