[KURASI KOMPASIANA] Prinsip Utama Membangun Personal Branding Tanpa Pretensi

Kompas.com - 28/06/2021, 15:26 WIB

KOMPASIANA---Satu hal yang penting ketika kita sedang membangung citra diri atau personal branding yaitu kepercayaan diri saat proses itu sedang berlangsung.

Misalnya saat kita mengidentifikasi jenis passion. Melakukan sesuai passion akan terasa lebih mudah dalam membangun personal branding karena kita sendiri memang senang mengerjakannya alias tidak tertekan.

Oleh karena itu, akan terasa berbeda jika kita sekadar menempelkan sesuatu yang berbeda 180 derajat dengan kita.

Alih-alih orang percaya atas persona yang kita bangun, hal tersebut justru akan terasa aneh.

1. Cara Personal Branding Tanpa Pretensi

Kompasianer Johan Japardi mencontohkan dengan jelas bagaimana Mas Karmin, seorang pebisnis wedangan yang menurutnya berhasil membentuk personal branding.

Pertama, Mas Karmin ini menyukai rutinitas sehari-hari. Jika rutinitas sehari-hari dilakukan dengan sukacita, maka hasil akhirnya adalah sukacita juga, terlepas dari jam kerja maupun jam istirahat yang tidak lazim.

Apalagi setiap kali Kompasianer Johan Japardi datang ke warungnya itu, maka kesan keramahtamahan akan pertama yang dirasakannya.

"Memberikan keramahtamahan yang tulus tanpa membedakan pengunjung berkantong tebal maupun tipis," lanjutnya. (Baca selengkapnya)

2. Prinsip Membangun Personal Branding

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.