[KURASI KOMPASIANA] Sukses Investasi Saham, Hindari Mental "FOMO"

Kompas.com - 02/07/2021, 16:16 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham,  bagaimana cara main saham? THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham, bagaimana cara main saham?

KOMPASIANA---Berinvestasi saham itu butuh persiapan matang. Ada yang perlu dipelajari hingga akhirnya memutuskan mengelola investasi dengan tepat.

Tidak terlalu sulit, karena kini sudah banyak beragam tutorial yang bisa diikuti. Tapi, tetapi saja jika langsung terjun untuk berinvestasi maka akan berdampak buruk atau rugi.

Ikut beberapa seminar saham, misalnya, itu bisa cukup membantu pondasi untuk berinvestasi. Apalagi jika mengikuti seminar ada sesi tanya-jawab yang membuatmu makin yakin atas keputusan investasi.

Sudah banyak contoh nyata yang kita temui dari mereka yang asal sekadar berinvestasi tanpa pemahaman yang cukup. Karena kini instrumen untuk melakukan itu sudah ada dan banyak.

1. Sukses Investasi Saham, Jangan Modal Nekat!

Banyak orang nekat terjun ke dunia saham tapi tidak punya cukup modal. Bisa karena kurang modal pemahaman hingga uang yang digunakan.

Hal ini menurut Kompasianer Rita Mf sangat membahayakan, sebab saham merupakan investasi high risk alias berisiko tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang tidak bisa dipungkiri kalau tingkat keuntungannya juga tinggi, tapi jika belum menguasai persahaman yang dikhawatirkan modaltidak kembali dan utang bertambah banyak.

"Iulah kenapa sebaiknya dalam memilih investasi saham uang yang digunakan betul-betul uang tak terpakai, bukan uang hasil utang, sebab naik turunnya harga saham tidak bisa ditebak," tulis Kompasianer Rita Mf. (Baca selengkapnya

2. Hindari Mental "FOMO" Saat Investasi Saham

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.