Kompas.com - 28/07/2021, 15:20 WIB
Salah satu UMKM binaan Astra, Wanita Kelompok Tani DSA Al Barokah Susukan Semarang sedang mengolah produk turunan beras organik. dok AstraSalah satu UMKM binaan Astra, Wanita Kelompok Tani DSA Al Barokah Susukan Semarang sedang mengolah produk turunan beras organik.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk memberikan dukungan kepada UMKM di Desa Sejahtera Astra (DSA) sehingga ada 74 produk dari pelaku bisnis tersebut berhasil menembus pasar ekspor.

Adapun perincian produk UMKM binaan Astra yang berhasil ekspor antara 20 desa yang tergabung dalam DSA Indragiri Hilir Riau, mengekspor 26 ton kopra per bulan dengan tujuan pasar di India, Pakistan, dan Uni Emirat Arab.

Kemudian sebanyak 20 desa yang tergabung dalam program DSA Kendal, Jawa Tengah, mengekspor 10 ton essential oil per bulan dengan tujuan pasar di Amerika Serikat, China, Belgia, Perancis, dan El Salvador.

Baca juga: Menkop UKM Dorong Percepatan Vaksinasi Pelaku UMKM

 

Selain itu ada 15 ton beras organik per bulan telah diekspor oleh DSA Al Barokah Susukan, Semarang, dengan tujuan pasar ekspor di Yordania dan Qatar.

“Masuknya Astra ke desa kami telah memberikan dampak positif karena Astra memberikan jalan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan kami. Selain pendapatan yang meningkat, target pasar meluas, jumlah desa yang terpapar program DSA pun bertambah,” ujar Mustofa selaku Ketua Kelompok Tani DSA Al Barokah Susukan dalam penjelasannya ke media, Rabu (28/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari timur Indonesia, DSA Lombok dan Bima mengekspor sorghum olahan sebanyak 2.000 potong dengan tujuan negara Taiwan dan Asia Tenggara serta DSA Buton yang mengekspor 20 ton buah mete dengan tujuan negara Vietnam.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, rasio kewirausahaan Indonesia masih mencapai 3,47 persen dibandingkan dengan rasio negara-negara di Asean seperti Thailand 4,26 persen, Malaysia 4,74 persen, Singapura 8,76 persen, dan negara maju lainnya 12 persen.

Baca juga: Kemenkop UKM Targetkan Penerima BPUM Capai 1,5 Juta UMKM di Bulan Ini

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Astra senantiasa hadir dan berdampingan terus-menerus dengan pemerintah dalam membina dan menumbuhkan UMKM,” ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.