Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop UKM Dorong Percepatan Vaksinasi Pelaku UMKM

Kompas.com - 25/07/2021, 09:28 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong percepatan program vaksinasi bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia dalam rangka mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sekaligus meningkatkan kinerja dalam pemulihan ekonomi pasca krisis pandemi Covid-19.

Dikutip dari Antara, Minggu (25/7/2021), Teten mengapresiasi vaksinasi bagi pelaku UMKM, mitra kurir, pekerja logistik, dan konsumen yang dilakukan oleh Lazada Indonesia bekerja sama dengan Good Doctor Indonesia dalam program Vaksinasi untuk Pahlawan Ekonomi Digital yang dilaksanakan secara serentak di sejumlah provinsi di Indonesia pada 12–27 Juli 2021.

Baca juga: Sandiaga Uno Gandeng PHRI Hadirkan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Garut

"Saya mengapresiasi langkah Lazada dalam percepatan program vaksinasi bagi para mitra usaha Lazada, pelaku UMKM, dan masyarakat sekitar," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki usai meninjau pelaksanaan program Sentra Vaksin Untuk Pahlawan Ekonomi Digital Indonesia, di Lazada Logistics Warehouse, Cimanggis, Depok, Sabtu (24/7/2021).

Dengan target sekitar 12.000 orang yang akan divaksin, Teten menyebut langkah Lazada tersebut sebagai hal yang positif bagi perekonomian nasional.

"Karena vaksinasi merupakan kunci pemulihan ekonomi sehingga bisa berjalan normal kembali," kata Teten.

Menkop UKM mengakui bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami tantangan dalam menghadapi pandemi yang dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dan perekonomian sangat terasa.

"Kami akan terus mendukung aneka program vaksinasi di seluruh Indonesia. Terutama, bagi para pelaku UMKM," ucap Teten.

Baca juga: Kemenhub Gencarkan Vaksinasi di Pelabuhan untuk Warga Sekitar

Pelaksanaan program vaksinasi yang terbesar berpusat di gudang utama Lazada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Lokasi ini merupakan fasilitas logistik e-commerce terbesar dan paling modern di Indonesia serta salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Dalam kesempatan yang sama, Country Head of Public Policy and Goverment Affair Lazada Indonesia Waizly Darwin mengatakan program ini menjadi salah satu bentuk komitmen dalam mendukung program vaksinasi nasional untuk menekan penyebaran Covid-19.

Terutama, bagi mereka yang bekerja di sektor logistik di ranah ekonomi digital yang merupakan garda depan sektor kritikal di masa PPKM Darurat ini.

Dalam pelaksanaan program ini, Lazada bermitra dengan banyak pihak mulai dari mitra logistik, gudang, hingga komunitas UMKM.

Baca juga: Sandiaga Uno Targetkan Vaksinasi 95 Persen Pelaku Sektor Parekraf

"Program vaksinasi ini bukan hanya inisiatif kami dalam melindungi mereka para pahlawan ekonomi digital, namun juga sebagai bentuk untuk memulihkan perekonomian Indonesia," kata Waizly Darwin.

Waizly Darwin menyatakan, program Sentra Vaksin Lazada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat juga terbuka untuk masyarakat umum dan terlaksana berkat dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Pemerintah Kota Depok.

Sementara itu, dalam pelaksanaan di Sentra Vaksin Lazada, Good Doctor menerapkan metode yang terbukti mengurangi kerumunan massa dan meminimalkan pembatalan di lokasi atau keterlambatan melalui pemanfaatan fitur registrasi peserta vaksinasi serta fitur pra skrining yang dapat diakses melalui aplikasi Good Doctor.

Baca juga: Kemenparekraf Gelar Vaksinasi Tanpa Surat Domisili, Ini Jadwal dan Lokasinya

Melalui pemanfaatan teknologi, pelaksanaan operasional vaksinasi terbukti dapat lebih efisien guna mendukung kesuksesan program vaksinasi.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana menyatakan Good Doctor senantiasa siap bekerja sama dengan pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional dengan semangat gotong royong.

"Kami merasa terhormat dapat mendukung program vaksinasi Lazada yang didedikasikan bagi para pahlawan ekonomi digital," kata Danu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com