Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Letter of Credit: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 25/07/2021, 09:13 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Letter of credit adalah salah satu istilah yang cukup umum dalam ekspor impor. Terutama menyangkut soal transaksi pembayaran. Apa itu letter of credit?

Dikutip dari The Balance, letter of credit adalah dokumen yang dikeluarkan oleh bank yang menjamin pembayaran. Dalam hal ekspor impor, bank menjamin pembayaran importir kepada eksportir atas barang yang dikirimkan.

Letter of credit atau biasa disingkat L/C ini diterbitkan pihak atas permintaan nasabahnya (importir) untuk melakukan pembayaran atas dokumen ekspor impor yang dikirimkan oleh penerima letter of credit (eksportir).

Bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam L/C. Namun biasanya, nasabah yang hendak membuka letter of credit adalah harus menyetorkan uang deposit.

Baca juga: Apa Itu Demografi dan Bonus Demografi?

Dana deposit ini akan terblokir alias tak bisa diuangkan dan dikelola oleh pihak bank. Sehingga ketika letter of credit jatuh tempo, maka uang tersebut akan dibayarkan kepada penerima L/C.

Ada dua jenis perlindungan dalam letter of credit, pertama yakni perlindungan penjual (eksportir), di mana bank akan membayar kepada eksportir yang memenuhi syarat apabila pembeli (importir) gagal melakukan pembayaran.

Kedua yakni perlindungan untuk pembeli, bank akan membayarkan kerugian apabila ada kegagalan dalam pengiriman lewat skema stanby letter of credit.

Letter of credit adalah konsep yang hampir serupa dengan layanan escrow. Di mana bank bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak memihak siapa pun. Bank akan mengeluarkan dana hanya apabila syarat-syarat terpenuhi.

Baca juga: Apa Itu Deposit?

Letter of credit adalah hal yang sangat umum dalam perdagangan internasional. Tetapi, letter of credit juga sering dipakai dalam perdagangan domestik.

Ada banyak sekali fungsi dari letter of credit, terutama meminimalkan risiko perdagangan lintas negara. Pembeli bisa menentukan kapan waktu pembayaran, apakah ingin langsung dibayarkan atau ditangguhkan terlebih dahulu.

Pembayaran letter of credit oleh bank hanya terjadi apabila pihak pembeli dan penjual sama-sama telah mencapai kata sepakat.

  • Ada beberapa jenis letter of credit antara lain:
  • Revocable letter of credit
  • Back to bakc loan
  • Irrevocable
  • Sight letter of credit
  • Unrestricted letter of credit
  • Revolving letter of credit
  • Usance letter of credit
  • Red clause letter of credit

Baca juga: Apa Itu Liabilitas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Akuntansi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com