Transaksi Digital Banking Diprediksi Capai Rp 35.600 Triliun pada 2021

Kompas.com - 05/08/2021, 05:54 WIB
Ilustrasi transaksi digital menggunakan kartu kredit. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi transaksi digital menggunakan kartu kredit.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksi transaksi perbankan secara digital atau digital banking akan terus tumbuh pesat hingga akhir tahun ini.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem pembayaran BI Filianingsih Hendrata mengatakan, bank sentral memprediksi transaksi digital banking pada tahun 2021 mencapai Rp 35.600 triliun pada 2021, atau tumbuh 30,1 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 27.036 triliun.

"Outlook keuangan digital di 2021 ini kami perkirakan juga tetap positif hingga akhir 2021," ujarnya dalam webinar, Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Adapun hingga paruh pertama tahun 2021, transaksi digital banking telah mencapai Rp 17.901 triliun, tumbuh 39 persen secara tahunan.

Baca juga: Alih Kelola Blok Rokan, 2.691 Karyawan Chevron Setuju Gabung Pertamina

Menurutnya, pertumbuhan transasksi digital banking utamanya disebabkan oleh tiga faktor utama.

Pertama, semakin tingginya penerimaan dan preferensi masyarakat untuk melakukan transaksi digital, sejalan dengan berkurangnya aktivitas pada masa pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, penyedia jasa keuangan baik perbankan maupun non bank terus memperluas layanan pembayaran digital. Ini dilakukan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi.

Ketiga, adanya percepatan transformasi digital pada sektor keuangan selama pandemi, membuat bank berlomba-lomba untuk bertransformasi menuju digital banking.

"Kami lihat di sini ada perubahan-perubahan, kami lihat pertumbuhan tercermin dari nilai transaksi," ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir Minta Direksi BUMN Perhatikan Karyawannya yang Terkena Covid-19



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.