Ekonomi Kuartal II Tumbuh 7,07 Persen, Wamen BUMN: Kita Telah Masuk Fase Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 05/08/2021, 18:10 WIB
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk domestik bruto (PDB) nasional tumbuh 7,07 secara tahunan (year on year /yoy) pada kuartal II-2021. Realisasi ini disebut sebagai bukti nyata perekonomian berada dalam tren pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, sinyal positif pemulihan ekonomi juga terefleksikan dari realiasi pertumbuhan ekonomi secara kuartal ke kuartal (qtq). Tercatat pertumbuhan ekonomi mencapai 3,31 persen secara qtq.

"Tentunya ini menunjukan bahwa kita telah memasuki fase pemulihan ekonomi," kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Selamat Tinggal Resesi, Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021 Tumbuh 7,07 Persen

Pria yang akrab disapa Tiko itu menyebutkan, bank BUMN juga turut mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional. Dukungan ini ditunjukan melalui pelaksanaan program-program pemerintah, mulai dari restrukturisasi kredit hingga penyaluran bantuan sosial ke masyarakat terdampak.

Dari sisi perbankan, tren pemulihan ekonomi juga sudah mulai terlihat. Ini terefleksikan dari redit berisiko serta rasio restrukturisasi kredit yang terus menyusut.

Selain itu, realisasi penyaluran kredit di seluruh bank pelat merah juga mencatatkan pertumbuhan yang positif. Pertumbuhan ini ditopang oleh permintaan pembiayaan dari berbagai segmen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita melihat demand kredit menunjukan para pelaku sektor rill, terlepas dari pembatasan yang sekarang ada, mulai merencanakan untuk peningkatan produktivitasnya di masa yang akan datang, dan juga telah mulai lebih baik dalam mengelola restrukturisasi dan pembayaran-pembayarannya," tutur Tiko.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, sekaligus Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) Sunarso mengatakan, pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari stimulus yang telah digelontorkan oleh pemerintah.

Menurutnya, di tengah perlambatan roda perekonomian akibat pandemi, stimulus pemerintah menjadi penggerak untuk berbagai sektor ekonomi.

"Terima kasih setinggi-tingginya kepada pemerintah yang selama ini juga banyak berkolaborasi dengan kami di Himbara, terutama dalam konteks penyaluran berbagai stimulus," ucapnya.

Baca juga: Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen, Ekonom: Ada Pengaruh Low Base Effect di 2020



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.