Studi di AS Sebut Postur Tubuh Karyawan Berpengaruh Pada Pendapatan

Kompas.com - 15/08/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan di PLOS One menemukan adanya hubungan antara bentuk tubuh seseorang dengan pendapatan.

Temuan ini memberikan banyak bukti bahwa bentuk tubuh seseorang yang menarik secara fisik, cenderung menghasilkan pendapatan yang lebih banyak dibandingkan rekan-rekan lain yang kurang menarik.

Mengutip Psypost, Minggu (15/8/2021), penelitian ini dilakukan seorang profesor di The University of Iowa Suyong Song dan rekan-rekannya yang berkolaborasi dengan penulis dari University of Virginia Stephen Baek.

Baca juga: Menaker: Penyandang Disabilitas Kerap Menghadapi Diskriminasi di Dunia Kerja

Mereka menggunakan data pemindaian tubuh tiga dimensi dan teknik pembelajaran mesin canggih, yang disebut graphical autoencoder.

Lewat metode pembelajaran mesin itu, para peneliti mengidentifikasi dan memindai fisik dari 2.383 individu dari Amerika Utara.

Data tersebut berasal dari proyek Civilian American and European Surface Anthropometry Resource (CAESAR), sebuah studi yang dilakukan oleh Angkatan Udara AS dari periode 1998 hingga 2000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kumpulan data tersebut mencakup informasi rinci demografis , pengukuran tubuh caliper, dan pemindaian seluruh tubuh peserta secara dimensi digital.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan secara statistik, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penampilan fisik dan pendapatan keluarga. Hubungan tersebut berbeda antara jenis kelamin.

“Secara khusus, perawakan pria berdampak positif pada pendapatan keluarga, sedangkan obesitas pada wanita berdampak negatif pada pendapatan keluarga," ujar Song.

Hilangkan Diskriminasi

Para peneliti menemukan bahwa tinggi badan para pekerja laki-laki di AS berhubungan dengan besaran upah yang mereka terima.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.