Cara Reservasi Tes PCR dan Antigen di Kimia Farma Tanpa Antre

Kompas.com - 18/08/2021, 06:13 WIB
Warga memotret pengumuman penundaan pelaksanaan vaksinasi individu di Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, Senin (12/7/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoWarga memotret pengumuman penundaan pelaksanaan vaksinasi individu di Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, Senin (12/7/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) telah menurunkan harga seluruh tes Covid-19. Harga terbaru itu mulai berlaku 17 Agustus 2021 atau bertepatan peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia (RI).

Adapun harga tes Covid-19 terbaru dari Kimia Farma tersebut yaitu PCR Swab Test Rp 495.000, Swab Antigen (Abbot Panbio) Rp 125.000, dan Swab Antigen (regular) Rp 85.000.

"Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke-76 dan Ulang Tahun Kimia Farma yang ke-50, harga pelayanan tes Covid 19 untuk wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar melalui Kimia Farma Mobile turun harga loh. PCR Swab Test Rp 495.000, Swab Antigen Rp 125.000 (Abbott Panbio), Swab Antigen Rp 85.000 (Regular). Reservasi sekarang tanpa antre," tulis Kimia Farma di akun Instagram resminya @kimiafarmaku.id, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Perjalanan Transportasi Jawa-Bali

Bagi yang tertarik tes Covid-19 di Kimia Farma, bisa reservasi melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Berikut cara melakukan reservasi tes Covid-19 di Aplikasi Kimia Farma Mobile:

  • Instal dan Login ke dalam Aplikasi Kimia Farma Mobile
  • Klik icon Pemeriksaan Covid-19 di menu kategori
  • Pilih jenis Layanan Tes Covid-19 dan Klinik/Lab Terdekat, lalu klik Ajukan pada klinik yang Ingin Anda kunjungi;
  • Klik Tambah Peserta serta lengkapi data diri lalu unggah foto KTP;
  • Pilih tanggal dan waktu pemeriksaan;
  • Pilih Metode Pembayaran, kemudian klik Bayar Sekarang;
  • Klik Tab Klinik dan Lab pada menu Riwayat;
  • Klik Tab Reservasi untuk mendapatkan E-ticket reservasi Covid-19; dan
  • Tunjukkan E-ticket Anda kepada petugas administrasi saat tanggal kunjungan.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/2845/2021 yang menetapkan batas tarif tertinggi pemeriksaan tes RT-PCR Covid-19. Keputusan tersebut dikeluarkan sebagai respon atas permintaan Presiden Joko Widodo terkait penurunan harga tes PCR.

Merujuk pada SE tersebut, batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR di Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 495.000. Sedangkan batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR di luar Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 525.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebijakan pengenaan tarif tes ini tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah atau bagian dari penjaminan pembiayaan pasien.

Baca juga: Jokowi Turunkan Harga Tes PCR Jadi Rp 450.000, Ini Tanggapan Perhimpunan RS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.