UMKM Tetap Berusaha yang Terbaik di Masa Pandemi

Kompas.com - 25/08/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman

Oleh: P Tommy YS Suyasa, Yenike Margaret Isak, dan Pramdigdya Sasliandri Priantama

USAHA mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. UMKM, khususnya di bidang makanan dan minuman, termasuk penyumbang produk domestik bruto (PDB) yang tertinggi.

Pada kuartal 2 tahun 2021, kontribusi usaha di bidang makanan dan minuman mencapai 21,58 persen dari keseluruhan PDB (BPS, 5 Agustus 2021). Dengan demikian UMKM diharapkan dapat terus bertahan sekalipun di masa sulit seperti saat ini.

Salah satu provinsi di Indonesia yang masyarakatnya cukup bersemangat mengembangkan UMKM, adalah provinsi Jambi. Perekonomian Provinsi Jambi pada triwulan 2 tahun 2021 bertumbuh 5,39 persen (YoY).

Baca juga: Menurut Menkop, 2 Kelompok UMKM Ini Berkontribusi Besar ke Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Zaitun, Ketua Asosiasi Makanan dan Minuman (Asmami) Kota Jambi (Saragih, 2020), sekitar 100 unit UMKM Asmami Kota Jambi masih bisa bertahan di tengah pandemi virus corona.

Namun demikian, sebagian pelaku UMKM Jambi, bagaimanapun juga tetap mengalami penurunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Empat dari tujuh pelaku UMKM di Jambi, yang dijumpai penulis saat melakukan kegiatan bersama tim Universitas Tarumanagara pada akhir bulan Juli 2021, menyatakan bahwa mereka mengalami penurunan keuntungan.

ASN (40 tahun) dan SR (39), pelaku UMKM di bidang kuliner mengaku bahwa Pandemi Covid-19 menyebabkan keuntungannya menurun sekitar 50 persen.

MS (23), pelaku UMKM di bidang otomotif (bengkel motor), mengaku mengalami penurunan jumlah pelanggan dan keuntungan sekitar 40-50 persen.

Adapun AWP (20) yang membuka usaha kerajinan tangan atau aneka cinderamata menyatakan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan keuntungan pada usahanya sekitar 40 persen−50 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.