Kompas.com - 26/08/2021, 11:40 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia. Dok. Kementerian PerdaganganMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi mengatakan, ada 2 kunci utama untuk mempercepat proses transformasi digital.

Kunci pertama adalah kolaborasi. Mendag menjelaskan, kolaborasi dengan sinergi antar semua pemangku kepentingan dapat mewujudkan UMKM nasional yang canggih dan berdaya saing di pasar global.

"Oleh sebab itu pemerintah, swasta, asosiasi, dan perbankan apabila berkolaborasi satu sama lain bisa mendorong UMKM kita menjadi lebih baik. Bahkan UMKM kita juga berdaya saing di pasar global," ujarnya saat peluncuran gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Diminta Sering Promosikan Produk UMKM, Ini Jawaban Erick Thohir

Kunci kedua adalah inovasi. Luthfi mengatakan, UMKM Indonesia harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital.

Melalui digital, UMKM bisa terus berinovasi bahkan bisa memasarkan dan memperkenalkan lebih luas lagi akan produknya.

Oleh sebab itu lanjut Luthfi, UMKM harus bisa meningkatkan lebih besar lagi kemampuan membaca serta menganalisa tren pasar dan jeli melihat peluang baru di dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan begitu, goals-nya para UMKM bisa menciptakan terobosan produk dan teknologi inovasi baru," kata Luthfi.

Luthfi menilai, dengan diterapkannya kedua kunci utama tersebut dan didukung dengan regulasi yang baik, pelatihan yang komperensif, serta akses pembiayaan yang inklusif, dinyakini UMKM Indonesia bisa tumbuh dan berkontribusi lebih terhadap ekonomi nasional.

Baca juga: Seberapa Penting Branding dan Komunikasi Bagi UMKM Agar Tetap Eksis ?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.