Infrastruktur Gas Arun akan Dimanfaatkan Sebagai Hub LNG

Kompas.com - 31/08/2021, 18:36 WIB
fasilitas LNG gas arun dok PGNfasilitas LNG gas arun

JAKARTA, KOMPAS.com - Subholding Gas Pertamina dan TotalEnergies menjalin kerja sama pemanfaatan infrastruktur gas Arun sebagai pusat bisnis LNG hub.

Kerja sama tersebut dilakukan melalui Afiliasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai Subholding Gas Group, PT Perta Arun Gas (PAG) selaku operator Arun LNG Receiving, Regasification, dan Hub Terminal.

Perusahaan-perusahaan tersebut menandatangani Terminal Use Agreement Bersama dengan TotalEnergies terkait dengan pemanfaatan LNG Hub Arun pada tahun 2021.

Baca juga: Pasok Gas ke RU IV Cilacap, PGN Gandeng Badak LNG

Kerjasama ini merupakan salah satu dari pencapaian kerja sama lain yang telah terjalin antara Pertamina dan TotalEnergies.

Saat ini, Kilang Arun memiliki empat unit tangki LNG dengan total kapasitas 508.000 meter kubik atau masing-masing tangki 127.000 meter kubik. Fasilitas tersebut direncanakan akan digunakan untuk bisnis LNG Hub baik dari sumber domestik maupun internasional.

President Director PAG, Arif Widodo menyebutkan, TotalEnergies akan menggunakan dua unit LNG tank dengan total kapasitas 207.000 meter kubik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami siap menyambut pengapalan pertama dengan Kapal LNG Cubal dari Angola yang telah dijadwalkan pada awal September 2021,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: PGN dan PAL Bakal Kembangkan Infrastruktur LNG

Disebutkan Arif, selain melakukan ekspansi bisnis, kerjasama dengan TotalEnergies ini sejalan dengan visi PAG, yaitu menjadi perusahaan regasifikasi dan LNG Hub kelas dunia.

Kesepakatan antara kedua pihak ini, masih menurut Arif akan menjadi strategi bagi PAG untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.