Cara Cek Kelulusan Seleksi Kartu Prakerja dan Penyebab Gagal Lulus

Kompas.com - 07/09/2021, 16:25 WIB
Tangkapan layar Instagram Prakerja yang membahas soal kegagalan mendaftar para peserta. InstagramTangkapan layar Instagram Prakerja yang membahas soal kegagalan mendaftar para peserta.


JAKARTA, KOMPAS.com – Cek kelulusan seleksi Kartu Prakerja bisa dilakukan dengan langkah mudah jika mengetau cara yang benar.

Akun Instagram resmi @prakerja.go.id telah menyampaikan penjelasan mengenai cara melihat kelulusan seleksi Kartu Prakerja.

Untuk cek kelulusan seleksi Kartu Prakerja tentu saja hanya bisa dilakukan bagi pendaftar yang sudah memilih gelombang pendaftaran.

Baca juga: Awas Hangus, Beli Pelatihan Prakerja Gelombang 18 Sebelum 22 September

Program Kartu Prakerja saat ini sudah memasuki Gelombang 20 yang akan dibuka dalam waktu dekat seiring rampungnya seleksi Kartu Prakerja Gelombang 19 belum lama ini.

Berikut cara melihat kelulusan seleksi Kartu Prakerja di dashboard selengkapnya:

  1. Jika di dashboard ada keterangan “Pendaftaran sedang dalam evaluasi” artinya proses seleksi sedang berjalan.
  2. Untuk mengetahui apakah Sobat lolos seleksi Gelombang, cek dashboard secara berkala.
  3. Jika lolos seleksi, Sobat akan mendapat notifikasi di dashboard dan diminta menonton 3 video pengenalan Program Kartu Prakerja. Setelah itu, Sobat dapat melihat Nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan di dashboard. Segera beli pelatihan di salah satu dari 7 Platform Digital.
  4. Jika tidak lolos seleksi, Sobat bisa mengetahui alasannya di Riwayat Gelombang pada dashboard. Ikuti seleksi gelombang berikutnya bila NIK Sobat tidak bermasalah.

Baca juga: Dana Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 19 Cair, Cek di prakerja.go.id

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Informasi lebih lengkap dapat cek di: www.prakerja.go.id/tanya-jawab,” demikian bunyi penjelasan dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, dikutip pada Selasa (7/9/2021).

Gagal lulus Kartu Prakerja

Tidak semua pendaftar program Kartu Prakerja langsung dinyatakan lulus. Pasalnya, kuota Kartu Prakerja pada setiap pembukaan gelombang memang terbatas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.