Konsumsi Listrik Naik, PLN: Indikasi Ekonomi Mulai Bangkit

Kompas.com - 08/09/2021, 22:04 WIB
Ilustrasi pembangkit listrik KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SIlustrasi pembangkit listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik masyarakat sepanjan Januari-Juni 2021 mencapai 146 terra watt hour (TWh). Realisasi konsumsi itu tumbuh 4,4 persen dari periode sama di tahun lalu.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pertumbuhan konsumsi listrik tersebut mengindikasikan pemulihan ekonomi pascapuncak pandemi.

Hal itu tecermin dari peningkatan konsumsi di beberapa sektor, seperti sektor industri yang pertumbuhannya mencapai 9,93 persen dan sektor rumah tangga yang tumbuh sebesar 3,34 persen.

Baca juga: Cegah Kebakaran akibat Korsleting Listrik, Ini Tips dari PLN

“Ini tentu menandakan Indonesia sudah mulai bangkit dari pandemi Covid-19, dan ekonomi sudah mulai berjalan,” ujar Bob dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/9/2021).

PLN mencatat, pertumbuhan konsumsi listrik sektor industri yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah besi dan baja sebesar 21 persen. Lalu diikuti oleh otomotif yang tumbuh sebesar 19,5 persen, tekstil 6,9 persen, plastik 5 persen, serta makanan dan minuman 3,7 persen.

“Untuk sektor bisnis hingga Juli, memang belum terlalu tumbuh signifikan. Meski begitu, sektor bisnis seperti mall, pusat perbelanjaan hingga sektor pariwisata mulai menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik,” jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Bob, peningkatan konsumsi listrik juga terlihat dari naiknya beban puncak kelistrikan, khususnya pada sistem kelistrikan Jawa-Bali.

Tercatat pada semester I-2021, beban puncak kelistrikan telah berada di atas 27.000 megawatt (MW) dengan beban puncak tertinggi terjadi pada 8 Juni 2021 sebesar 27.335 MW.

Sebelumnya, pada tahun 2020, beban puncak kelistrikan Jawa-Bali hanya berada di angka 26.000 MW.

Sementara itu, untuk meningkatkan penjualan listrik, PLN akan fokus pada strategi mendorong permintaan yang akan ditempuh melalui upaya intensifikasi dan ekstensifikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.