Ini Manfaat dari Aturan Penyelesaian Transaksi dengan Mata Uang Lokal

Kompas.com - 09/09/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi mata uang DOK.Pixabay.com/Rajam_karthik pixabay.com/rajam_karthikIlustrasi mata uang DOK.Pixabay.com/Rajam_karthik

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) beberapa hari lalu resmi mengimplementasikan kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan investasi atau local currency settlement (LCS) dengan bank sentral China, People's Bank of China.

Dengan demikian, saat ini BI resmi mengimplementasikan kerja sama LCS dengan 4 negara yaitu, Malaysia, Thailand, Jepang, dan teranyar China.

Rencananya, kerja sama tersebut akan terus diperluas ke negara lain, mengingat banyaknya mitra dagang potensilal yang dimiliki Indonesia saat ini.

Baca juga: Soal Dana Bantuan dari IMF, BI Tegaskan Tak Ada Batas Waktu Pengembalian dan Bukan Utang

Bank sentral membeberkan, setidaknya terdapat 4 manfaat dari pelaksanaan kerja sama penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral.

Pertama, dengan adanya kerja sama LCS biaya konversi transaksi menjadi lebih efisien, sebab dalam tahapannya tidak perlu lagi ditukarkan ke dollar AS terlebih dahulu.

Kemudian, LCS juga menjamin tersedianya alternatif pembiayaan ekspor atau direct investment dalam mata uang lokal.

Ketiga, tersedianya alternatif instrumen hedging dalam mata uang lokal.

Terakhir, LCS bermanfaat sebagai diversifikasi eksposur mata uang yang digunakan dalam penyelesaian transaksi.

Baca juga: PPKM Terus Diperpanjang, Survei BI: Konsumen Pesimistis terhadap Ekonomi RI

Dengan adanya manfaat tersebut, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo meminta kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan aturan ini secara maksimal.

"Kerja sama LCS terus menunjukkan perkembangan positif dan berpotensi untuk terus ditingkatkan, baik dari segi nilai transaksi, frekuensi, maupun jumlah pengguna," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.