Kompas.com - Diperbarui 13/09/2021, 16:40 WIB
BNI Internet Banking Dok. Bank BNIBNI Internet Banking

JAKARTA, KOMPAS.com - BNI Internet Banking diklaim memiliki fitur kemanan yang mempuni. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada penggunannya dalam melakukan segala macam aktivitas keuangan.

Layanan perbankan ini memiliki dua alat otorisasi transaksi finansial, yaitu BNI e-Secure atau BNI m-Secure.

BNI e-Secure adalah alat pengaman tambahan untuk transaksi finansial yang bisa diperoleh secara instan di kantor cabang BNI terdekat.

Baca juga: BNI Internet Banking: Cara Daftar dan Aktivasinya

BNI e-Secure berfungsi menghasilkan PIN yang selalu berganti (Dynamic PIN) setiap kali nasabah pengguna melakukan transaksi finansial, tanpa BNI e-Secure nasabah pengguna masih bisa mengakses layanan BNI Internet Banking untuk melakukan transaksi non finansial antara lain melihat informasi saldo dan mutasi transaksi.

Sementara BNI m-Secure adalah aplikasi pengaman tambahan untuk transaksi finansial yang dapat diinstalasi di handphone milik nasabah.

BNI m-Secure berfungsi menghasilkan PIN yang selalu berganti (Dynamic PIN) setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial, tanpa BNI m-Secure Anda masih bisa mengakses layanan internet banking untuk melakukan transaksi non finansial antara lain melihat informasi saldo dan mutasi transaksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa fitur kemanan BNI Internet Banking:

  1. Menggunakan Internasional Internet Standard Security SSL 3.0 dengan sistim enkripsi 128-bit, suatu sistem pengacak informasi yang tercanggih saat ini, sehingga informasi pribadi & keuangan Anda lebih terjamin keamanannya.
  2. Anda juga akan membuat sendiri User ID & Password yang unik, sehingga tidak ada duplikasi dan hanya anda yang mengetahuinya. Setiap kali Login, Anda hanya diperkenankan mengulang password internet banking yang salah sebanyak tiga kali sebelum akses tersebut diblokir untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.
  3. Setiap transaksi finansial harus menggunakan alat pengaman tambahan yang disebut BNI e-Secure atau BNI m-Secure milik nasabah, dimana setiap transaksi akan mensyaratkan untuk input dynamic PIN yang dihasilkan oleh alat tersebut.
  4. Jika tidak terdapat aktivitas selama lima menit sistem secara otomatis akan mengakhiri akses Anda untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak berwenang.

Baca juga: BNI Direct: Cara Daftar dan Fitur-fiturnya

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan BNI Internet Banking

  • BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah.
  • Untuk mengantisipasi kasus penipuan dalam bentuk malware lainnya, STOP/HENTIKAN transaksi apabila Anda diminta menginput PIN BNI e-Secure/m-Secure di luar kebiasaan bertransaksi dengan internet banking dan segera hubungi BNI Call Center di 1500046 atau 68888 melalui handphone.
  • Pastikan komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm, trojan atau spyware. Hindari untuk mengakses layanan ini dari warnet atau jaringan/komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya. Hindari membuka attachment email dari pengirim yang tidak dikenal atau download content tidak resmi maupun akses ke situs-situs dewasa yang berpotensi untuk menularkan malware, virus/worm, trojan atau spyware ke perangkat computer maupun tablet/smartphone Anda.
  • Pastikan Anda mengakses layanan ini melalui alamat resmi situs BNI di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung ke halaman https://ibank.bni.co.id.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan petugas bank/petugas BNI melalui telepon, fax atau email yang menanyakan data pribadi termasuk password Internet Banking, PIN BNI e-Secure/m-Secure, dan One Time Password (OTP) yang terkirim via SMS/E-mail, Karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
  • Gunakanlah fasilitas virtual keyboard saat mengetikkan password anda untuk menghindari tindak kejahatan pencurian informasi (keylogger).
  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima telah sesuai.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda, meskipun hanya sesaat.
  • Jaga kerahasiaan password dan PIN BNI e-Secure Anda dan lakukan penggantian password secara berkala.
  • Apabila Anda menemukan hal yang tidak biasa saat mengakses halaman web BNI, segera hentikan transaksi Anda dan segera hubungi BNI Call Center di 1500046 atau 68888.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Kartu Kredit BNI Online

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.