Startup Isurtech Ini Dapat Pendanaan dari eWTP Fund hingga Saratoga

Kompas.com - 16/09/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup insurtech, Fuse, mengumumkan telah meraih pendanaan tambahan pada putaran pendanaan seri B (extended series B) dari eWTP Technology and Investment Fund, CE Innovation Capital (CEIC), dan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga).

“Kami sangat bersemangat menyambut eWTP, CEIC, dan Saratoga sebagai investor kami karena mereka adalah pemimpin di sektor masing-masing. Kami menantikan pengalaman-pengalaman berharga yang akan diperoleh dari mereka,” jelas CEO Fuse Andy Yeung dalam siaran pers, Kamis (16/9/2021).

Pendanaan dari eWTP Fund ini adalah langkah pertama eWTP memasuki Indonesia sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Potensi Asuransi InsurTech Makin Besar di Masa Pandemi

Bulan lalu, Fuse telah meraih pendanaan yang dipimpin oleh GGV Capital dengan partisipasi dari investor terdahulu, termasuk East Ventures (Growth Fund), SMDV, Golden Gate Ventures, Heyokha Brothers, Emtek, dan lainnya.

eWTP didirikan dengan target investasi startup di negara-negara berkembang. Sejauh ini, eWTP telah memiliki investasi di India, Vietnam, dan Thailand, dengan kelolaan dana senilai 600 juta dollar AS sejak tahun 2018.

Jiang Dawei, Partner dan CFO eWTP, mengatakan, sebagai pemimpin pasar insurtech Indonesia, Fuse memiliki proposisi nilai unik yang dapat memberdayakan kanal penjualan tradisional dengan menghubungkan berbagai perusahaan asuransi yang selama ini tersebar dengan jaringan agen besar dan menyediakan produk asuransi yang komprehensif bagi agen/broker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Fuse juga telah mendemonstrasikan kemampuan untuk memanfaatkan produk asuransi inovatif dan mutakhir dari negara lain untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang istimewa. Oleh karena itu, kami melihat Fuse sebagai pemain regional yang kuat di Asia Tenggara dalam waktu dekat,” ujar Jiang.

Fuse didirikan pada tahun 2017 dan dioperasikan oleh dua veteran industri, Andy Yeung dan Ivan Sunandar. Mereka telah memiliki lebih dari 60.000 mitra agen dan telah bekerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi di lapangan dengan lebih dari 300 produk asuransi di dalam platform.

Total GWP (Gross Written Premium) yang mencapai lebih dari 50 juta dollar AS atau Rp720 miliar di tahun 2020 membuat Fuse menjadi perusahaan insurtech terbesar di Indonesia. Fuse berusaha menyelesaikan permasalahan kepercayaan di antara 97 persen orang Indonesia yang belum memiliki asuransi.

Xiaolin Zheng, Partner CEIC, mengatakan, Fuse memiliki keunggulan kompetitif di distribusi omnichannel dan inovasi teknologi. Fuse juga secara tepat memposisikan diri dengan model ‘To Agent’ yang telah meningkatkan efisiensi rantai pasok asuransi dalam bentuk digital dan inovatif.

Baca juga: Unit Link Masih Lebih Diminati ketimbang Produk Asuransi Tradisional

“Kami percaya Fuse berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan skala bisnis jangka panjang. Rendahnya penetrasi produk asuransi di Indonesia juga mengakibatkan prospek pertumbuhan yang menjanjikan dan peningkatan kebutuhan dari konsumen selama masa pandemi. Oleh sebab itu, kami memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk pertumbuhan Fuse di fase berikutnya,” kata Xiaolin.

Michael WP Soeryadjaya, Presiden Direktur Saratoga, menjelaskan, dengan berinvestasi di Fuse, diharapkan akan menjadi peluang yang sangat baik bagi Saratoga untuk memperkuat portofolio di sektor teknologi digital.

“Sektor ini menunjukkan potensi yang besar untuk tumbuh, didorong oleh pertumbuhan yang pesat di penggunaan teknologi digital dan inklusi finansial di Indonesia. Sebagai pemimpin sektor insurtech di Indonesia, Fuse dapat memberikan solusi dan akses yang lebih baik bagi orang-orang untuk memilih produk asuransi yang tepat,” ungkap Michael.

Baca juga: OJK Meyakini Kontribusi Insurtech Bakal Semakin Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.