Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 Dibuka, Bagaimana Cara Lolos Seleksinya?

Kompas.com - 16/09/2021, 12:34 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020). ANTARA FOTOWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang 21 akan dibuka pukul 12.00 WIB siang ini, Kamis (16/9/2021).

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, peserta yang akan diterima bergabung dalam gelombang ini mencapai 754.929 peserta.

"Hari ini jam 12.00 WIB kami akan membuka gelombang 21. Kuotanya adalah 754.929 orang yang berasal dari sisa kuota anggaran semester II 2021 Rp 10 triliun dan dari anggaran Rp 1,2 triliun yang ditambahkan," kata Louisa, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 Resmi Dibuka Siang Ini, Kuota 754.929 Orang

Luoisa mengungkapkan, pendaftaran peserta Kartu Prakerja tersedia di website resmi www.prakerja.go.id. Pendaftaran akan dibuka selama beberapa hari, sehingga masyarakat tidak perlu terburu-buru mengisi data diri.

Ketepatan pengisian data akan menjadi kunci diterima sebagai peserta Kartu Prakerja.

"Proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang pertama mendaftar," ucap Louisa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain ketepatan pengisian data, lolos atau tidaknya seleksi tergantung dari hasil penyaringan. Beberapa waktu lalu Louisa menyebut, peserta akan melalui dua verifikasi sebelum dinyatakan lolos.

Verifikasi pertama adalah verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KK dengan data di Dukcapil. NIK yang tidak terdaftar otomatis gugur dan tidak bisa menjadi peserta Kartu Prakerja.

Kemudian tahap kedua adalah verifikasi terkait daftar terlarang. Di sini, manajemen akan melakukan pengecekan NIK dengan Dapodik untuk melihat status pendaftar.

Supaya lolos seleksi, pastikan kamu tidak masuk dalam daftar terlarang dan penuhi semua kriteria.

Baca juga: Supaya Tidak Gagal, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.