Kompas.com - 10/09/2021, 08:31 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 20 sudah dibuka di www.prakerja.go.id. Simak cara daftar Prakerja Gelombang 20 DOK. SHUTTERSTOCKKartu Prakerja Gelombang 20 sudah dibuka di www.prakerja.go.id. Simak cara daftar Prakerja Gelombang 20

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 sudah resmi dibuka. Sama dengan pendaftaran sebelumnya di www.prakerja.go.id, jumlah kuota di Prakerja Gelombang 20 yakni sebanyak 800.000 orang.

Cara daftar Prakerja Gelombang 20 juga cukup mudah di laman www.prakerja.go.id, bisa dilakukan via smartphone maupun komputer asalkan tersedia koneksi jaringan internet.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pembukaan Prakerja Gelombang 20 ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19.

Jumlah alokasi anggaran pelaksanaan program kartu prakerja pada semester dua tahun 2021, termasuk di dalamnya Kartu Prakerja Gelombang 20, adalah Rp 10 triliun.

Baca juga: Apa Fungsi Lingkaran Warna Merah Pada Tabung LPG?

“Dengan alokasi anggaran yang tersedia di semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada setidaknya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran,” ujar Denni dalam keterangannya dikutip pada Jumat (10/9/2021).

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 20 akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Jika dirinci, dana pelatihan Prakerja Gelombang 20 sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali survei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah berikut ini tahapan demi tahapan cara daftar Prakerja Gelombang 2020:

Apabila belum memiliki akun, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun sebelum mendaftar Prakerja Gelombang 20:

Baca juga: Peternak Ayam: Pak Jokowi, Kalau Begini Terus Nangis, Bangkrut Kita

Berikut cara membuat akun di www.prakerja.go.id:

  1. Buka laman www.prakerja.go.id
  2. Klik menu "Daftar Sekarang" di pojok kanan atas
  3. Pendaftar akan diminta untuk mengisikan alamat email, membuat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password).
  4. Kemudian centang pernyataan di bawahnya, lalu klik "Buat Akun".
  5. Nantinya, pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan.
  6. Buka email yang didaftarkan dan lakukan verifikasi dengan klik tautan yang telah dikirimkan via email. Akun Kartu Prakerja pun telah aktif.
  7. Cara daftar Prakerja Gelombang 20 bagi yang sudah memiliki akun:
  8. Buka laman www.prakerja.go.id
  9. Klik "Masuk" dan masukan email dan password
  10. Selanjutnya, klik "Gabung" untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.
  11. Setelah berhasil membuat akun dan login ke akun Kartu Prakerja, pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Selanjutnya klik "Berikutnya".
  12. Jika ada kolom isian yang tidak tepat, pendaftar diminta untuk mengisi ulang.
  13. Lalu lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisikan yaitu alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti.
  14. Setelah terisi, unggah foto atau scan KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: "Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya". Lalu klik "Lanjutkan".
  15. Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang terdaftar.
  16. Usai mengisi kode OTP, klik "Kirim". Langkah selanjutnya adalah mengisi pernyataan pendaftar: "Apakah saat ini Anda menganggur?". Isi semua sampai selesai, lalu klik "Oke".

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Ini Perbedaan Intan dan Berlian

Tes motivasi

Untuk bisa lolos Kartu Prakerja Gelombang 20, peserta harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini merupakan rangkaian dari proses pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20.

Tujuan tes adalah mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Klik "Mulai Tes Sekarang" untuk mengikuti tes. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Evaluasi biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika sudah 5 menit tapi belum ada perubahan, klik tombol "Refresh".

Nah agar lolos daftar Prakerja Gelombang 20, ada baiknya memerhatikan beberapa penyebab umum kegagalan dalam kelolosan.

Berikut ini 5 penyebab umum yang membuat peserta gagal lolos seleksi Prakerja:

  1. Berstatus pelajar atau mahasiswa
  2. Pernah lolos Prakerja sebelumnya
  3. Pernah menerima bantuan dari pemerintah
  4. Masuk daftar orang yang tidak bisa menjadi peserta
  5. Terbatasnya kuota

Baca juga: 5 Penyebab Paling Umum Tidak Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.