Kompas.com - 20/09/2021, 13:38 WIB
Ilustrasi Apa itu CEO? CEO adalah singkatan dari chief executive officer. ShutterstockIlustrasi Apa itu CEO? CEO adalah singkatan dari chief executive officer.

KOMPAS.com - CEO adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Di Indonesia, arti CEO kerap disamakan dengan direktur utama. Apa itu CEO?

Mengutip Investopedia, CEO adalah singkatan dari chief executive officer. Diketahui, CEO adalah jabatan eksekutif tertinggi dalam organisasi perusahaan.

Di Indonesia, arti CEO memang disamakan dengan direktur utama atau presiden direktur. Sebagai nahkoda perusahaan, itu sebabnya CEO diserahi tanggung jawab pada jalannya perusahaan secara keseluruhan.

Tugas CEO adalah membuat kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis bagi kelangsungan perusahaan. Maka tak heran jika posisi CEO adalah dijabat oleh mereka yang benar-benar mumpuni dalam mengelola perusahaan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Tugas lain dari CEO adalah sebagai penghubung antara perusahaan dengan pemilik perusahaan atau pemegang saham yang biasanya diwakili oleh dewan komisaris (board of comissioner).

Karena itu pula, CEO adalah jabatan yang langsung dipilih oleh pemegang saham. Meski dalam beberapa kasus, pemilik perusahaan seringkali juga merangkap sebagai CEO.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa CEO adalah bisa berasal dari karyawan yang meniti karier dari bawah. CEO juga bisa berasal dari luar perusahaan karena penunjukan CEO adalah hak preogratif pemegang saham perusahaan.

CEO adalah direktur utama

Dalam regulasi perseroan terbatas di Indonesia, arti CEO adalah sama dengan direktur utama. Hal ini diatur dalam UU Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Disebutkan dalam UU Nomor 40 tahun 2007, istilah yang digunakan untuk menyebut pihak yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan dan pengurusan sebuah perusahaan adalah direksi dengan direktur utama menduduki posisi tertinggi.

Baca juga: Break Event Point (BEP): Definisi, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Pada dasarnya, seorang CEO adalah harus memiliki kemampuan:

  • Kemampuan analis
  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan kepemimpinan
  • Kemampuan interpersonal

Tugas dan wewenang CEO adalah sebagai berikut:

  • Memantau jalannya operasional perusahaan
  • Menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pemegang saham
  • Menjalin komunikasi dengan para direksi lainnya
  • Membuat perencanaan dan kebijakan strategis perusahaan
  • Menjalin hubungan dengan pihak luar seperti pemerintah, sesama CEO, bahkan urusan kemasyarakatan
  • Memimpin, memberi contoh, dan mengimplementasikan nilai-nilai perusahaan
  • Menggali potensi perusahaan, termasuk dalam sumner daya manusia

Baca juga: Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

ceo adalah
apa itu ceo
ceo adalah singkatan dari

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.