Dapat Suntikan Modal Rp 20 Triliun, IFG Segera Tuntaskan Restrukturisasi Jiwasraya

Kompas.com - 22/09/2021, 16:21 WIB
IFG, holding BUMN asuransi handoutIFG, holding BUMN asuransi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Financial Group (IFG) meraih penyertaan modal pemerintah (PMN) senilai Rp 20 triliun. Rencananya, dana tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan restrukturisasi polis asuransi Jiwasraya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, nasabah yang sudah menyetujui restrukturisasi polis Jiwasraya sudah mencapai 97 persen. Polis tersebut lalu diteruskan ke IFG Life, yang merupakan anak usaha IFG.

Melalui restrukturisasi tersebut, IFG Life diharapkan bisa membayarkan kewajiban kepada nasabah Jiwasraya. Kemudian menjadikan IFG Life sebagai perusahaan asuransi yang sehat.

Baca juga: Bisakah AJB Bumiputera Diselamatkan Pakai Skema Penyelamatan Jiwasraya?

 

"Insya Allah, para nasabah yang selama ini terkatung-katung bisa diselesaikan," kata Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (22/9/2021).

Selain itu, dalam paparan Erick di DPR juga diungkapkan bahwa restrukturisasi ini untuk meningkatkan kapasitas usaha dalam menata industri perasuransian dan pinjaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Erick melanjutkan, proses penyelesaian kasus Jiwasraya tidak lepas atas peran dan dukungan dari Komisi VI DPR. Sebab, perkara ini cukup rumit dan telantar hingga belasan tahun.

Selain IFG, tujuh perusahaan pelat merah lain juga mendapat suntikan dana dari pemerintah tahun ini sebagaimana persetujuan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). IFG pun menjadi BUMN yang mendapatkan suntikan dana tertinggi.

Kemudian, PT Hutama Karya menerima suntikan dana terbesar kedua mencapai Rp 15,2 triliun. Suntikan dana ini diusulkan dua kali oleh Kementerian BUMN, yakni Rp 6,2 triliun di anggaran awal dan tambahan Rp 9 triliun di pertengahan tahun.

Baca juga: Lelang Aset Asabri dan Jiwasraya, DJKN: Target Dapat Hasil Setinggi-tingginya

Selanjutnya, PT Pelindo III (Persero) juga merah dana senilai Rp 1,2 triliun, dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) Rp 470 miliar.

Selain itu, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) atau KIW meraih PMN sebesar Rp 977 miliar, PT PAL Indonesia (Persero) Rp 1,28 triliun, PT PLN (Persero) Rp 5 triliun, serta PT Waskita Karya (Persero) Tbk Rp 7,9 triliun. (Ferrika Sari)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Dapat suntikan dana Rp 20 triliun, IFG segera tuntaskan restrukturisasi Jiwasraya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.