Gandeng Polri, KSPSI Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk 40.000 Buruh

Kompas.com - 22/09/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. PICTURE ALLIANCE/ROBBIN UTRECHT via DW INDONESIAIlustrasi vaksinasi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan vaksinasi Covid-19 gratis untuk para buruh.

Kali ini, vaksinasi Covid-19 massal untuk para buruh digelar di Pimpinan Unit Kerja KSPSI PT Agarindo Bogatama, Tangerang, Banten, Rabu (22/9/2021).

Kegiatan ini merupakan yang kelima kalinya dilakukan KSPSI bersama Polri setelah sebelumnya juga melakukan kegiatan serupa di PT Victory Chingluh Tangerang, PT Kahatex Sumedang, Purwakarta dan lainnya. Total vaksinasi Covid-19 yang sudah dilakukan kepada para buruh di lima lokasi tersebut berjumlah 40.000 vaksin.

Baca juga: Lokasi dan Jadwal Vaksinasi Drive Thru di Tol Jagorawi

"Terima kasih kepada Kapolri yang memiliki perhatian sangat besar terhadap buruh Indonesia. Vaksin Presisi ini diharapkan agar dalam bekerja buruh tidak lagi was-was terpapar virus Corona," ujar Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Andi Gani mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 di kalangan buruh membuat perlahan kepercayaan diri industri bisa bangkit.

Menurutnya, buruh memegang peranan penting dalam roda ekonomi dan kemajuan ekonomi nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, perlindungan kesehatan pekerja diperlukan agar tercipta produktivitas yang baik, sehingga dapat serta menjaga perekonomian bangsa di masa pandemi Covid-19.

Dia menambahkan, pemberian vaksin ini akan menciptakan herd immunity di kalangan buruh. Namun, ia tetap meminta kepada para buruh menjaga protokol kesehatan.

"Kami selalu ingatkan bahwa meskipun sudah divaksin tetap harus menjalankan protokol kesehatan secara konsisten," kata dia.

Baca juga: Pemerintah Percepat Vaksinasi, Targetkan 2,3 Juta Dosis per Hari pada Bulan Ini

Dirinya juga memastikan program vaksinasi Covid-19 ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar para buruh terlindungi dari penularan virus Corona.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyampaikan, program percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Banten.

"Keberhasilan percepatan program vaksinasi ini tidak terlepas dari dukungan dan sinergitas dengan semua komponen masyarakat termasuk kalangan buruh. Apalagi saat ini Polda Banten dalam program vaksinasi ini menargetkan 19.500 orang per hari. Ini membutuhkan dukungan semua pihak termasuk buruh," katanya.

Baca juga: PCare BPJS Kesehatan: Cara Daftar dan Fitur Vaksinasi Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.