Menkop Teten: Sudah 15,9 Juta UMKM Masuk ke Pasar Digital

Kompas.com - 23/09/2021, 15:08 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki  saat memberikan sambutan pada Webinar “Aspek Perpajakan, Akuntansi, dan Digital Marketing untuk UMKM,” Kamis (16/9/2021).  (Tangkapan layar) DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKMMenteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki saat memberikan sambutan pada Webinar “Aspek Perpajakan, Akuntansi, dan Digital Marketing untuk UMKM,” Kamis (16/9/2021). (Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, hingga saat ini ada 15,9 juta UMKM yang masuk ke dalam loka pasar daring alias online.

Angka ini dikatakan Teten, telah meningkat sebanyak 99 persen sejak 2020 yang lalu yang berhasil dicapai lewat program Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang bersinergi dengan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI).

"Secara angka, inisiatif bersama BBI, BWI, dan KKI terbukti mengakselerasi onboarding digitalisasi UMKM secara nasional. Setidaknya 15,9 juta UMKM telah hadir dalam loka pasar daring atau naik 99 persen sejak 2020," ujarnya dalam acara pembukaan Puncak Karya Kreasi Indonesia secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Teten Masduki Janji Akan Penuhi Tuntutan Asosiasi UMKM

Teten menilai, sinergi positif yang dilakukan seperti KKI ini bisa memberikan dampak luas kepada masyarakat, memulihkan ekonomi bangsa, serta mempersiapkan UMKM yang unggul dan berdaing di pasar global.

Selain itu Teten menilai, KKI 2021 yang juga bertepatan dengan Gerakan Nasional BBI September di Provinsi Aceh, bisa menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan UMKM setempat.

"Dari gunung ada kopi arabika gayo yang tahun ini ekspor 9,6 ton atau 18 kontainer ke AS dan eropa, sektor kelautan, ada ikan dan udang yang langganan ekspor," ungkap Teten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teten berharap puncak perayaan KKI bisa mendorong potensi UMKM di Aceh dan bisa menjadi kebanggan Indonesia.

Baca juga: Sebut Gernas BBI dan Penanganan Covid-19 Baik, Luhut: Itu karena Leadership Presiden yang Kuat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.