BRI Maksimalkan Segmen Ultra Mikro untuk Kejar Pertumbuhan Kredit 7 Persen

Kompas.com - 24/09/2021, 18:47 WIB
Ilustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. SHUTTERSTOCK/NandotIlustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menargetkan sampai dengan akhir tahun ini pertumbuhan kredit perseroan dapat mencapai 6 persen hingga 7 persen.

Untuk merealisasikan target tersebut, bank dengan kode emiten BBRI itu berencana menciptakan sumber pertumbuhan kredit baru, yakni melalui segmen ultra mikro.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, ultra mikro memiliki potensi penyaluran pembiayaan yang sangat besar, sebab mayoritas pelaku usaha pada segmen ini belum mendapatkan akses kredit dari lembaga keuangan.

Baca juga: Hingga Agustus 2021, Kredit BRI Tumbuh 5,9 Persen

“Kami memperkirakan bahwa dari 46 juta usaha ultra-mikro di Indonesia pada tahun 2019, hanya sekitar 20 juta usaha ultra-mikro yang memperoleh akses pendanaan dari sumber formal seperti bank, BPR, lembaga keuangan lainnya, kredit mikro dan pinjaman berbasis kelompok, gadai dan koperasi,” tuturnya, kepada Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Lebih lanjut Aestika menjelaskan, perseroan akan memaksimalkan potensi tersebut melalui holding ultra mikro BUMN, yang beberapa waktu lalu telah resmi terbentuk.

Holding tersebut diharapkan mampu menciptakan ekosistem pembiayaan ultra mikro yang terintegrasi dan jangkauannya lebih luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dengan potensi pembiayaan bagi bisnis ultra-mikro tersebut, BRI optimistis bahwa segmen ultra-mikro dapat menjadi sumber pertumbuhan bisnis baru yang berkelanjutan,” ucap Aestika.

Baca juga: Holding Ultra Mikro Tidak Mengubah Model Bisnis BRI, Pegadaian, dan PNM

Sebagai informasi, sampai dengan Agustus 2021, penyaluran kredit BRI tumbuh 5,9 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Segmen mikro dan konsumer menjadi penopang utama realisasi tersebut, dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 15,5 persen yoy dan 3,3 persen yoy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.