Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang World Superbike, Kemenhub Antisipasi Kesiapan Transportasi di Mandalika

Kompas.com - 09/10/2021, 12:13 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk persiapan penyelenggaraan ajang balap motor World Superbike (WorldSBK) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Indonesia menjadi penyelenggara balap motor World Superbike (WorldSBK) perdana yang berlangsung sepanjang 19-21 November 2021.

Sektetaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengatakan, dengan melakukan simulasi diharapkan mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib dan sehat, serta mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: ITDC Gandeng Pertamina, Sirkuit Mandalika Resmi Ganti Nama, Jadi Apa?

"Kemenhub dan seluruh pemangku kepentingan lainnya telah berkolaborasi dan menyepakati bahwa adanya event ini harus mengutamakan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Menurut dia, semua pihak terkait tengah menyiapkan rencana operasi yang terstruktur dan terukur, mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan selesainya penyelenggaraan event. Termasuk dalam hal mengantisipasi kesiapan transportasi di Mandalika.

Kemenhub, kata Djoko, telah memberikan sejumlah dukungan baik sarana maupun prasarana transportasi di Lombok untuk mendukung event ini. Di antaranya dengan pengembangan Bandara International Zainuddin Abdul Madjid, Lombok dan Pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas.

Selain itu, dilakukan kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas dengan membuat moda shifting dari kendaraan pribadi ke angkutan umum di simpul transportasi menuju Sirkuit Mandalika.

Kemudian penyediaan operasional penyelenggaraan angkutan shuttle bus yang melayani pergerakan penonton di sekitar kawasan Mandalika. Lalu pemberian subsidi operasional angkutan antar moda dari dan ke kawasan Mandalika.

Tak hanya itu, dilakukan pula pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda, pembangunan perlengkapan jalan dan bantuan teknis pembangunan perlengkapan jalan di Mandalika, serta peningkatan pelayanan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok.

Baca juga: Menteri PUPR Minta Proyek Bypass Bandara Lombok Dikebut Demi Superbike dan MotoGP

Di sisi lain, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menambahkan, penerapan simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas ini untuk memberikan gambaran terkait pelaksanaannya nanti di lapangan.

“Melalui simulasi ini diharapkan kita siap manakala menghadapi situasi yang tidak diinginkan,” katanya.

Sebagai informasi, Indonesia melalui Mandalika International Street Circuit untuk pertama kalinya akan menggelar kejuaraan WorldSBK dan ini akan menjadi final musim kejuaraan dunia superbike MOTUL FIM 2021.

Adapun event yang hadir kembali untuk pertama kalinya sejak 1997 ini, diperkirakan akan dihadiri sebanyak 30.000 penonton, baik yang berasal dari dalam maupun luar Pulau Lombok.

Baca juga: World Superbike di Mandalika Diharapkan Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com