ITDC Gandeng Pertamina, Sirkuit Mandalika Resmi Ganti Nama, Jadi Apa?

Kompas.com - 07/10/2021, 19:08 WIB
Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022 Dok. MGPASirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggandeng PT Pertamina (Persero) Tbk bersama untuk mendukung pengembangan Sirkuit Mandalika, di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right untuk penyelenggaraan Moto GP 2022 oleh kedua pihak pada hari ini (7/10/2021).

Melalui PKS ini, Pertamina memperoleh hak penyertaan nama korporasi pada Jalan Kawasan Khusus (JKK)/sirkuit jalan raya The Mandalika dengan jangka waktu hingga 31 Desember 2022.

Baca juga: Bangun KEK Mandalika, ITDC Dapat Guyuran Rp 550 Miliar Lebih dari BUMN Perbankan

Dengan kerja sama tersebut, Sirkuit Mandalika kini berganti nama menjadi Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan, pembangunan sirkuit telah dilakukan sejak Agustus 2020.

Pada tahun ini lanjut Pahala, sirkuit tersebut akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional, seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 dan disusul dengan World Superbike yang berlangsung 19-21 November 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, ini termasuk salah satu event yang paling ditunggu-tunggu. Tahun depan kita akan menyaksikan tes pramusim Moto GP pada tanggal 11-13 Februari dan Moto GP Indonesia pada Maret 2022," ujarnya secara virtual, Kamis (7/10/2021).

Ia pun mengapresiasi BUMN yang sudah berpartisipasi dalam merealisasikan hal ini, khususnya Pertamina yang menjadi sponsor utama, kemudian ITDC, Pembangunan Perumahan (PTPP), Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dan semua pihak yang sudah mendukung.

"Ini semua merupakan bentuk sinergi antar BUMN dan berbagai institusi yang dimiliki oleh pemerintah agar kita bisa keluar dari pandemi, termasuk juga agar industri pariwisata sebagai industri yang paling terpengaruh bisa kembali bangkit," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sinergi Pertamina dengan ITDC, akan memberikan banyak hal, baik bagi bangsa Indonesia maupun Pertamina sebagai korporasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.