Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Bunga Pinjol dengan Kartu Kredit, Mana yang Lebih Murah?

Kompas.com - 15/10/2021, 13:33 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perbandingan bunga pinjol atau pinjaman online dengan kartu kredit adalah hal yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan melakukan perbandingan bunga pinjol dengan kartu kredit, setidaknya Anda bisa mempertimbangkan kemampuan Anda dalam membayar tagihan kelak.

Setiap melakukan transaksi dengan kartu kredit atau pinjol, maka Anda bakal memiliki tanggal jatuh tempo untuk melunasi pembayaran tagihan.

Bila Anda tak mampu membayar tagihan, Anda pun harus siap menghadapi konsekuensi membayar denda tagihan serta ditagih oleh debt collector.

Baca juga: Jadi Polemik, Besaran Bunga Pinjol Dinilai Sesuai dengan Risiko Pinjaman

Perbandingan Bunga Pinjol dengan Kartu Kredit

Untuk diketahui, bunga pinjol yang sifatnya konsumtif biasanya dipatok lebih tinggi dan cenderung mendekati ketentuan maksimal yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), yakni sebesar 0,8 persen per hari.

Salah satu pinjol yang menyediakan pinjaman yang bersifat konsumtif yakni Kredivo.

Penggunaan Kredivo pun kini telah terhubung dengan layanan e-commerce seperti Tokopedia.

Untuk bunga layanan pinjaman tunai Kredivo (tenor 3 dan 6 bulan) dipatok 2,6 persen per bulan. Selain itu, ada pula biaya administrasi sebesar 6 persen.

Contoh perhitungannya, bila Anda meminjam dana Rp 1 juta, maka total pinjaman yang akan Anda terima adalah Rp 940.000. Jumlah tersebut sudah dikurangi biaya administrasi sebesar 6 persen.

Sementara itu, bunga Kredivo adalah sebesar 2,6 persen per bulan. Bila Anda mengajukan pinjaman dengan tenor 3 bulan, total tagihan yang harus Anda kembalikan adalah Rp 1.078.000.

Untuk kartu kredit, saat ini Bank Indonesia (BI) menetapkan ketentuan maksimum suku bunga kartu kredit yakni sebesar 1,75 persen.

Sebagian besar kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank-bank besar, seperti BNI, BCA, BRI, hingga Bank Mandiri pun menetapkan bunga sesuai dengan batas maksimum yang telah ditentukan BI.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan agar Tak Terjerat Pinjol Ilegal

Untuk biaya lain kartu kredit, biasanya ada biaya tahunan yang tarifnya beragam tergantung jenis kartu. Biaya tahunan kartu kredit termurah yakni di kisaran Rp 120.000 dan termahal di Rp 1 juta.

Biaya tersebut dibayarkan setahun sekali sesuai dengan tanggal transaksi pertama di setiap tahun.

Bila berdasarkan gambaran di atas, bisa dikatakan perbandingan bunga pinjol dengan kartu kredit adalah lebih murah bunga kartu kredit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com