Perbandingan Bunga Pinjol dengan Kartu Kredit, Mana yang Lebih Murah?

Kompas.com - 15/10/2021, 13:33 WIB
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. SHUTTERSTOCK/PKpixIlustrasi pinjaman online atau pinjol.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perbandingan bunga pinjol atau pinjaman online dengan kartu kredit adalah hal yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan melakukan perbandingan bunga pinjol dengan kartu kredit, setidaknya Anda bisa mempertimbangkan kemampuan Anda dalam membayar tagihan kelak.

Setiap melakukan transaksi dengan kartu kredit atau pinjol, maka Anda bakal memiliki tanggal jatuh tempo untuk melunasi pembayaran tagihan.

Bila Anda tak mampu membayar tagihan, Anda pun harus siap menghadapi konsekuensi membayar denda tagihan serta ditagih oleh debt collector.

Baca juga: Jadi Polemik, Besaran Bunga Pinjol Dinilai Sesuai dengan Risiko Pinjaman

Perbandingan Bunga Pinjol dengan Kartu Kredit

Untuk diketahui, bunga pinjol yang sifatnya konsumtif biasanya dipatok lebih tinggi dan cenderung mendekati ketentuan maksimal yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), yakni sebesar 0,8 persen per hari.

Salah satu pinjol yang menyediakan pinjaman yang bersifat konsumtif yakni Kredivo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan Kredivo pun kini telah terhubung dengan layanan e-commerce seperti Tokopedia.

Untuk bunga layanan pinjaman tunai Kredivo (tenor 3 dan 6 bulan) dipatok 2,6 persen per bulan. Selain itu, ada pula biaya administrasi sebesar 6 persen.

Contoh perhitungannya, bila Anda meminjam dana Rp 1 juta, maka total pinjaman yang akan Anda terima adalah Rp 940.000. Jumlah tersebut sudah dikurangi biaya administrasi sebesar 6 persen.

Sementara itu, bunga Kredivo adalah sebesar 2,6 persen per bulan. Bila Anda mengajukan pinjaman dengan tenor 3 bulan, total tagihan yang harus Anda kembalikan adalah Rp 1.078.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.